Selasa, 04 November 2014

RPP Elastisitas Kurikulum 2013



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan            : MA Ibnul Qoyyim Putera
Mata Pelajaran                  : Fisika
Kelas / Semester               : XI/ 1 ( satu )
Materi Pokok                    : Elastisitas
Alokasi Waktu                 : 2x 45 Menit

A.     Kompetensi Inti
KI  1:Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya.
KI 2:Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan,  gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3:Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
 KI 4:Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian
KI
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.




1.1.Menyadari kebesaran Tuhan yang menciptakan dan mengatur alam jagad raya  melalui pengamatan fenomena alam fisis dan pengukurannya

Mengenali dan mengagumi ciptaan Tuhan yang mengatur karakteristik fenomena getaran dalam kehidupan sehari-hari
2
2.1.Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis;  kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan , melaporkan, dan berdiskusi
2.1.1. Melakukan kegiatan Pengamatan secara aktif, bertanggung jawab, jujur, dan teliti
3
3.4.Menganalisis hubungan antara gaya dan gerak getaran


4
4.4. Merencanakan dan melaksanakan percobaan getaran harmonis pada ayunan bandul dan getaran pegas


4.4.1. Menjelaskan pengertian Elastisitas
4.4.2. Menjelaskan pengertian modulus young
4.4.3. Melakukan percobaan hukum hooke

C.     Tujuan Pembelajaran.
1.      Peserta didik dapat mengenali dan mengagumi kebesaran Tuhan  melalui kegiatan mengamati fenomena getaran dalam kehidupan sehari-hari.
2.      Peserta didik dapat melakukan  pengamatan secara aktif, bertanggung jawab, jujur dan teliti melalui kegiatan percobaan.
3.      Peserta didik dapat menjelaskan pengertian Elastisitas .
4.      Peserta didik dapat menjelaskan pengertian modulus young .
5.      Peserta didik dapat membedakan benda elastis dan benda plastis.
6.      Peserta didik dapat memahami hukum hoke.

D.     Materi Pelajaran
Elastisitas
A.           Tegangan, Regangan, dan Modulus Elastisitas
            Benda yang dikenai gaya tertentu akan mengalami perubahan bentuk. Perubahan bentuk bergantung pada arah dan letak gaya-gaya tersebut diberikan. Ada tiga jenis perubahan bentuk yaitu regangan, mampatan, dan geseran.
1.      Regangan. Renggangan merupakan perubahan bentuk yang dialami sebuah benda jika dua buah gaya yang berlawanan arah (menjauhi pusat benda) dikenakan pada ujung-ujung benda. Perhatikan Gambar 3.1 (b)!
2.      Elastisitas
Elastisitas adalah kemampuan suatu benda untuk kembali ke bentuk awalnya segera setelah gaya luar yang diberikan kepadanya dihilangkan
3.      Mampatan.
 Mampatan adalah perubahan bentuk yang dialami sebuah benda jika dua buah gaya yang berlawanan arah (menuju pusat benda) dikenakan pada ujung-ujung benda. Perhatikan Gambar 3.1 (c)!







E.     Metode Pembelajaran
Model: PBL dengan Pendekatan saintific
Metode :  percobaaan, diskusi, demonstrasi, kerja kelompok

F.      Sumber Belajar
Sunardi dan Siti Zenab.2014. Fisika untuk SMA/MA Kelas XI. Bandung: Yrama Widya
Rendi.2014. Bahan Ajar siswa. Yogyakarta
Wasis ,Yuli Irianto ,Sugeng.2009.”Fisika untuk SMA kelas XI”. Jakarta :Depdiknas

G.    Media Pembelajaran dan alat peraga
 1.Alat peraga: karet, beban , penggaris, pegas,penjepit buku,dll
H.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
No
Kegiatan Guru
Kegiatan Peserta Didik
Alokasi Waktu
1.
Pendahuluan
·         Guru  mengucapkan  salam

·         Guru bersama peserta didik berdo’a sebelum memulai pelajaran

·         Guru menyampaikan apersepsi mengenai elastisitas dengan melihat fenomena kehidupan sehari-hari


·         Guru menyampaikan tujuan pembelajaran

·         Peserta didik menjawab salam
·        Peserta didik bersama guru berdoa sebelum memulai pelajaran

·         Peserta didik mendengarkan penjelasan dari guru


·         Peserta didik memperhatikan penjelasan guru







15 menit
2.
Kegiatan Inti
Mengamati
ü  guru menilai sikap dan keaktifan disaat kegiatan pembelajaran berlangsung  sekaligus memberi demonstrasi terhadap peserta didik

Menanya

ü  Guru memberikan kesempatan peserta didik untuk menanya

ü  Guru menilai kempuan peserta didik mengamati, merumuskan masalah dan membuat jawaban sementara







Mengeksperimen

ü  Guru membagi peserta didik dalam kelompok-kelompok untuk melakukan percobaan.

ü  Guru membagikan LKS










Mengasosiasikan
ü  Guru membimbing peserta didik dalam melakukan percobaan.


ü  Guru meminta agar setiap peserta menuliskan kesimpulan percobaan









mengkomunikasikan
ü  Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mnyampaikan kesimpulan percobaan.

ü  Guru melakukan konfirmasi dan menjelaskan materi yang dipelajari

ü  Guru memberi kesempatan peserta didik untuk bertanya.

ü   peserta didik  memperhatikan demonstrasi


ü  Peserta didik menyimak demonstrasi


ü  Peserta didik membuat pertanyaan berdasarkan demonstrasi

ü  Peserta didik diskusi membuat jawaban sementara yang diajukan









ü  Peserta didik melakukan eksperimen dengn  aktif, bertanggung jawab, jujur, teliti


ü  Peserta didik melakukan percobaan sesuai LKS







ü  Peserta didik melakukan percobaan secara berkelompok dan melakukan diskusi.

ü   Setiap peserta didik menyimpulkan hasil percobaan




ü  Perwakilan Peserta didik menyampaikan kesimpulan percobaan

ü  Peserta didik memperhatikan penjelasan dari guru.


ü  Peserta didik bertanya tentang materi yang belum paham.
55 menit
3.
Penutup
ü  Guru bersama peserta didik memberikan kesimpulan dari pembelajaran pada pertemuan ini

ü  Guru menyampaikan urgensi dari materi


ü  Guru menyampaikan materi yang akan dipelajari pada pertemuan yang akan datang.

ü  Guru  bersama peserta didik menutup pembelajaran.dengan bacaan hamdallah

ü  Peserta didik bersama guru memberikan kesimpulan dari pembelajaran pada pertemuan ini

ü  Peserta didik memperhatikan apa yang disampaikan guru.

ü  Peserta didik memperhatikan
ü  Peserta didik bersama guru berdoa dengan bacaan hamdallah
20 menit

I.       Penilaian
1.      Sikap sosial
a. Teknik penilaian : Non-tes
b. Bentuk instrumen :  lembar observasi
Instrumen: lihat Lampiran
2.      Pengetahuan
a. Teknik penilaian : tes tertulis
b. Bentuk instrumen : isian
Instrumen: lihat Lampiran





           

                                                                                Yogyakarta, 21 Oktober 2014
Mengetahui,




                                                                                   
      Iksan Taufik H,S.Pd                                                                                    Rendi






 
NIP:197907022005011002                                                     NIM: 11690018






LAMPIRAN
LEMBARAN KERJA SISWA
(LKS)
Nama Siswa:    1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.


A.    Dasar Teori
Jika sebuah pegas ditarik dengan gaya tertentu, maka panjangnya akan berubah. Semakin besar gaya tarik yang bekerja, semakin besar pertambahan panjang pegas tersebut. Ketika gaya tarik dihilangkan, pegas akan kembali ke keadaan semula. Karakteristik suatu pegas dinyatakan dengan konstanta pegas (k). Hukum Hooke menyatakan bahwa jika pada sebuah pegas bekerja sebuah gaya, maka pegas tersebut akan bertambah panjang sebanding dengan besar gaya yang bekerja padanya. Secara matematis, hubungan antara besar gaya yang bekerja dengan pertambahan panjang pegas dapat dituliskan sebagai berikut.
F x
F = k . Δx
Keterangan :
F = Gaya yang bekerja (N)
k = Konstanta pegas (N/m)
Δx = Pertambahan panjang pegas (m)

B.     Tujuan Percobaan
Setelah melakukan eksperimen ini, kalian diharapkan mampu :
1.      Menentukan hubungan antara gaya yang bekerja pada pegas dengan pertambahan panjang pegas,
2.      Membuktikan hukum Hooke,
3.      Menentukan konstanta pegas.



C.    Alat dan Bahan
1.      karet gelang 3 buah
2.      karet pentil 3 buah
3.      buku 4 buah
4.      Mistar  3 buah
D.    Langkah Kerja
1.  Ukurlah panjang pegas sebelum diberi beban sebagai panjang mula-mula (Lo).    
2.  Gantunglah sebuah buku pada pegas dengan menjempit beban (buku).
3.  Ukurlah panjang karet ketika beban masih tergantung (L1) dan beban tidak bergerak lagi.
4.  Ukurlah pertambahan panjang pegas (ΔX = L1 – Lo).
5.  Ulangilah langkah 3 dan 4 dengan mengganti beban yang tersedia.
6.   Masukkan data hasil percobaan kalian ke dalam tabel berikut.

Tabel Pengamatan
Karet Gelang
Lo =
No
Massa beban (kg)
Berat beban (N) (F = m . g)
Pertambahan panjang pegas
K =  (N/m)
L1 (m)
(ΔX = L1-Lo) (m)
1





2





Karet pentil
Lo =
No
Massa beban (kg)
Berat beban (N) (F = m . g)
Pertambahan panjang pegas
K =  (N/m)
L1 (m)
(ΔX = L1-Lo) (m)
1





2














E.     Analisis
1.      Apa yang terjadi jika pegas diberi beban?
Jawab:
........................................................................................................................
........................................................................................................................



2.      Mengapa pegas dapat bertambah panjang?
Jawab :
........................................................................................................................
........................................................................................................................


3.      Bagaimanakah hubungan antara gaya yang bekerja pada pegas dengan pertambahan panjang pegas?
Jawab :
........................................................................................................................
........................................................................................................................
........................................................................................................................


4.      Buatlah kesimpulan berdasarkan kegiatan ini!
Jawab :
........................................................................................................................










LEMBAR PENILAIAN AFEKTIF
Mata Pelajaran       :           Fisika
Materi pokok         :           Elastisitas
Berilah tanda ( pada masing-masing aktivitas di bawah ini!
No
Nama Peserta didik
Skor
Total
Kejujuran
ketelitian
tanggungjawab
1.





2.





3.





4.





5.





6.





7.





8.





9.





10





11.





12





13.





14.







Kriteria Penilaian :
Nilai =
Jumlah Skor yang Diperoleh
X100

                            Skor Maksimal

Rubrik penilaian
No
Sikap yang dinilai
Rubrik
1
Kejujuran
1.   Tidak  jujur dalam hal mengerjakan tugas kelompok dan mempresentasikan hasil diskusi
2.   Jujur dalam hal mengerjakan tugas kelompok.
3.   Jujur dalam hal mengerjakan tugas kelompok dan mempresentasikan hasil diskusi
2
ketelitian
1.   Tidak teliti dalam hal mengerjakan tugas kelompok dan mempresentasikan hasil diskusi
2.   Teliti dalam hal mengerjakan tugas kelompok
3.   Teliti dalam hal mengerjakan tugas kelompok dan mempresentasikan hasil diskusi
3
Tanggungjawab
1.   Tidak bertanggungjawab dalam hal mengerjakan tugas kelompok dan mempresentasikan hasil diskusi
2.   Bertanggungjawab dalam hal mengerjakan tugas kelompok
3.   Bertanggungjawab dalam hal mengerjakan tugas kelompok dan mempresentasikan hasil diskusi.
Kriteria Penilaian:
3<skor≤4         : sangat baik
2<skor≤3         : baik
1<skor≤2         : cukup
Skor < 1           : kurang









LEMBAR PENILAIAN KOGNITIF

A.      Kisi-Kisi
No
Tujuan Pembelajaran
Soal
No soal
1.


Peserta didik dapat menjelaskan definisi Elastisitas
·       Apa yang dimaksud dengan Elastisitas?
Soal uraian no 1



2.

Peserta didik dapat menjelaskan pengertian modulus young
·       modulus elastis atau modulus Young merupakan perbandingan antara tegangan dengan regangan yang dialami oleh suatu benda

Soal uraian no 2

3.
Peserta didik dapat membedakan benda elastis dan benda plastis.
.

·       Sebutkan minimal 5 contoh benda plastis  dan 5 contoh benda elastis?
Soal uraian no 3



4.
Peserta didik dapat memahami hukum hoke.

·                   Sebuah pegas yang panjangnya 30 cm tergantung  bebas. Ketika pegas tersebut diberi beban 30 N, ternyata panjangnya
menjadi 30,5 cm. Tentukan tetapan pegas tersebut!
·                   Sebuah pegas yang panjangnya 20 cm tergantung bebas. ketetapan pegas tersebut 2000 N/m, ternyata panjangnya menjadi 40,5 cm. Tentukan gaya pegas tersebut!
Soal uraian no 4


Soal uraian no 5








B.     Kunci Jawaban
No.

Kunci Jawaban
Skor
1.
Apa yang dimaksud dengan Elastisitas?

Elastisitas adalah kemampuan suatu benda untuk kembali kebentuk awalnya segera setelah gaya luar yang diberikan kepada benda itu dibebaskan.
15
2.
Apa yang dimaksud dengan modulus young?

modulus elastis atau modulus Young merupakan perbandingan antara tegangan dengan regangan yang dialami oleh suatu benda
15
3.
Sebutkan minimal 3 contoh benda plastis dan 3 contoh benda elastis?
Plastis: tanah liat, plastisin, dan kertas
Elastis: karet, pegas, dan slinki.
`20
4.
·                   Sebuah pegas yang panjangnya 30 cm tergantung  bebas. Ketika pegas tersebut diberi beban 30 N, ternyata panjangnya menjadi 30,5 cm. Tentukan tetapan pegas tersebut!


Diketahui : x0 = 30 cm = 0,3 m  x = 30,5 cm = 0,305 m  F = 30 N
Ditanya : besarnya k........?
jawab :
F =k.x
30 =k.(0,305 - 0,3)
30 =k.0,005
k.0,005 = 30
k = 30 / 0,005
k = 6000 N/m
25
5.
·                                                  Sebuah pegas yang panjangnya 20 cm tergantung bebas. ketetapan pegas tersebut 2000 N/m, ternyata panjangnya menjadi 40,5 cm. Tentukan gaya pegas tersebut!
Diketahui : x0 = 20 cm = 0,2 m
xt = 40,5 cm = 0,405 m
k = 2000 N/m
Ditanya : F........?
jawab :
F =k.x
F =2000.(0,405 - 0,2)
F =2000.0,205
F = 410 N
25
Total
100

Kriteria Penilaian :
Nilai =
Jumlah Skor yang Diperoleh
X100

                            Skor Maksimal


Tidak ada komentar:

Posting Komentar