SILABUS MATA PELAJARAN: FISIKA
Satuan
Pendidikan : SMA
Kelas/
Semestar : XII
Kompetensi
Inti
KI
1
Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya
KI
2 Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun,
responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia
KI
3 Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah
KI
4 Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya
di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1 Menyadari
kebesaran Tuhan yang menciptakan dan mengatur alam jagad raya melalui pengamatan
fenomena alam fisis dan pengukurannya
|
1. Gelombang Bunyi
·
Karakteristik
gelombang bunyi
·
Cepat
rambat gelombang bunyi
·
Azas
Dopler
·
Fenomena
dawai dan pipa organa
·
Intensitas
dan taraf intensitas
2.Gelombang
Cahaya
·
Spektrum
cahaya
·
Difraksi
dan interferensi
·
Polarisasi
·
Teknologi
LCD dan LED
|
Mengamati
·
Melakukan studi pustaka untuk mencari informasi tentang bunyi dan permasalahannya dalam kehidupan sehari-hari
melalui berbagai sumber
·
Mencari
informasi tentang karakteristik cahaya serta prinsip dan penerapannya dalam
teknologi melalui berbagai sumber
·
Mengamati
peragaan fenomena difraksi dan interferensi kisi menggunakan laser pointer
dan CD bekas
Mempertanyakan
·
Mempertanyakan
tentang prinsip gelombang bunyi dan cahaya dalam teknologi
·
Mempertanyakan
berbagai fenomena difraksi, interferensi, dan polarisasi cahaya
Mengeksplorasi/Eksperimen
·
Mendiskusikan
tentang cepat rambat bunyi, azas Dopler dan intensitas bunyi
·
Mengidentifikasi
variabel bebas, terikat, dan kontrol untuk menyelidiki fenomena dawai dan
pipa organa.
·
Menentukan
alat dan bahan yang diperlukan untuk percobaan.
·
Melaksanakan
percobaan untuk menyelidiki fenomena dawai dan pipa organa secara berkelompok.
·
Diskusi
kelas difraksi dan interfrensi pada celah ganda, kisi, dan celah tunggal
·
Mengidentifikasi
variabel bebas, terikat, dan kontrol untuk menyelidiki pola difraksi dan
interferensi menggunakan kisi dan laser pointer.
·
Menentukan
alat dan bahan untuk percobaan.
·
Melaksanakan
percobaan untuk penyelidiki pola difraksi dan interferensi menggunakan kisi dan
laser pointer
·
Eksplorasi
pemanfaatan konsep dan prinsip cahaya pada teknologi layar LCD dan LED
Mengasosiasi
·
Menelaah
data kecepatan bunyi dalam berbagai media untuk mendapatkan faktor yang
mempengaruhi cepat rambat bunyi
·
Mengolah
data praktik kedalam grafik, menyusun persamaan grafik, dan menemukan
pengaruh perubahan jarak layar dan konstanta kisi terhadap jarak garis terang
pada layar serta menentukan panjang gelombang cahaya laser pointer
Mengomunikasikan
·
Presentasi
hasil diskusi tentang cepat rambat bunyi, azas Dopler dan intensitas bunyi
·
Presentasi
hasil eksplorasi tentang fenomenda dawai dan pipa organa
·
Penyusunan
laporan hasil kegiatan
|
Tugas
Kajian pustaka
tentang gelombang bunyi
Tes Tertulis Menerapkan konsep gelombang bunyi dan
cahaya dalam pemecahan masalah
Observasi
Ceklis pengamatan
pada saat presentasi dan praktik berkelompok
Portfolio
Laporan tertulis
kelompok hasil praktik dan presentasi
Tes
Tes tertulis
uraian dan/atau pilihan ganda gelombang bunyi dan cahaya
|
16 JP
(4 x 4 JP)
|
· Tri Widodo, FISIKA SMA, Pusat Perbukuan Depdiknas
· Nursyamsudin, Panduan Praktikum Terpilih, Erlangga
Alat
· Laser pointr
· Kisi atau Keping CD yang terpakai
· penggaris
|
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah
(memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati;
bertanggung jawab; terbuka; kritis;
kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari
sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan , melaporkan, dan
berdiskusi
|
|||||
3.1 Menerapkan
konsep dan prinsip gelombang bunyi dan cahaya dalam teknologi
|
|||||
4.1 Merencanakan
dan melaksanakan percobaan interferensi cahaya.
|
|||||
1.1 Menyadari
kebesaran Tuhan yang menciptakan dan mengatur alam jagad raya melalui pengamatan
fenomena alam fisis dan pengukurannya
|
Rangkaian arus
searah
·
Hukum
Ohm
·
Hukum
Kirchoff
|
Mengamati
·
Mencari
informasi karakteristik arus dan tegangan pada rangkaian seri dan paralel
·
Mengamati
peragaan menggunakan amperemeter dan voltmeter dalam rangkaian listrik
Mempertanyakan
·
Mempertanyakan
penggunaan hukum Ohm dan Kirchoff dalam rangkaian listrik
Eksperimen / Mengeksplorasi
·
Diskusi
kelompok susunan seri dan paralel resistor
·
Diskusi
kelas penerapan hukum ohm dan Kirchoff pada rangkaian arus bercabang
·
Mengukur
arus dan tegangan pada rangkaian tertutup
·
Mengeksplorasi
prinsip kerja peralatan listrik searah (DC) dalam kehidupan sehari-hari.
Mengasosiasi
·
Mengolah
data hasil praktik, membuat grafik, menuliskan persamaan grafik dan
gradiennya, dan memprediksi nilai output untuk nilai input tertentu
Mengomunikasikan
·
Membuat
laporan tertulis hasil praktik, membuat grafik, menuliskan persamaan grafik
dan gradiennya, dan mmprediksi nilai output untuk nilai input tertentu
·
Menyajikan
hasil evaluasi dari prinsip kerja peralatan listrik searah (DC).
|
Tugas
Menerapkan hukum
Ohm dan hukum Kirchoff dalam pemecahan masalah listrik
Observasi/ Kinerja
Ceklis pengamatan
pada saat praktik
Portfolio
Laporan tertulis
kelompok
Tes
Tes tertu;is tentang
hukum Ohm dan hukum Kirchoff
|
8 JP
(2 x 4 JP)
|
· Tri Widodo, FISIKA SMA, Pusat Perbukuan Depdiknas
· Nursyamsudin, Panduan Praktikum Terpilih, Erlangga
Alat
· Voltmeter
· Amperemeter
· Catu daya
· Resisitor
|
2.1 Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan)
dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan
percobaan , melaporkan, dan berdiskusi
|
|||||
3.2 Mengevaluasi
prinsip kerja peralatan listrik searah (DC) dalam kehidupan sehari-hari
|
|||||
4.2 Melakukan
percobaan untuk menyelidiki karakteristik rangkaian listrik
|
|||||
1.1 Menyadari kebesaran Tuhan yang menciptakan
dan mengatur alam jagad raya melalui pengamatan fenomena alam fisis dan
pengukurannya
|
Listrik Statis
(Elektrostatika)
·
Muatan
Listrik
·
Gaya
Listrik
·
Kuat
Medan Listrik
·
Potensial
Listrik
·
Energi
Potensial
·
Kapasitor
|
Mengamati
·
Melakukan studi dari berbagai sumber untuk mencari
informasi tentang berbagai fenomena kelistrikan secara hardcopy dan softcopy dalam kehidupan
sehari-hari
·
Mengamati
peragaan fenomena kelistrikan di kehidupan sehari-hari menggunakan alat dan
bahan sederhana
·
Melakukan
pengamatan terhadap proses pengisisan dan pelepasan muatan pada kapasitor.
·
Mendiskusikan
pemanfaatan kapasitor dalam kehidupan sehari-hari.
Menanya
·
Mendiskusikan
tentang fenomena kelistrikan, muatan
listrik, fluks listrik dan interaksi antar muatan listrik
·
Mendiskusikan
tentang Gaya Listrik, Medan Listrik,
Potensial Listrik, Energi Potensial Listrik, dan Kapasitor
Mengomunikasikan
Presentasi hasil eksperimen
secara audio visual dan atau powepoin.
|
Tugas
Menyelesaikan
soal-soal tentang Listrik Statis dan Kapasitor
Observasi
Ceklist lembar
pengamatan kegiatan presentasi kelompok
Portofolio
Laporan tertulis
rancangan dan kegiatan percobaan secara softcopy,
hardcopy, powerpoin dan audiovisual
Tes
Tes tertulis
bentuk uraian dan/atau pilihan ganda
|
16 JP
(4 x 4 JP)
|
·
Fisika
SMA Jilid III,
·
Fisika,
Young and Freeman, Jilid II
·
Praktikum
Fisika, Depdiknas
|
2.1 Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan)
dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan
percobaan , melaporkan, dan berdiskusi
|
|||||
3.5 Menganalis gaya listrik, kuat
medan listrik, fluks, potensial listrik, energi potensial listrik serta penerapannya pada
berbagai kasus
|
|||||
4.5 Mengamati
proses pengisian dan pelepasan muatan pada kapasitor dalam kehidupan sehari-hari.
|
|||||
1.1 Menyadari kebesaran Tuhan yang menciptakan
dan mengatur alam jagad raya melalui pengamatan fenomena alam fisis dan
pengukurannya
|
Medan Magetik
·
Fluks
Magnit
·
Induksi
Magnit
·
Gaya
Magnetik
|
Mengamati
·
Mengumpulkan
informasi tentang bergagai fenomena kemagnitan secara hardcopy dan softcopy melalui
pengamatan di kehidupan sehari-hari dan atau studi literatur pada berbagai
sumber
·
Peragaan
fenomena kemagnetan di kehidupan sehari-hari menggunakan alat dan bahan
sederhana
Mempertanyakan
·
Diskusi
kelompok tentang fenomena kemagnitan dan fluks magnit,
·
Diskusi
kelas tentang induksi magnit dan gaya magnit dan peranannya pada berbagai produk
teknologi
Eksperimen / Mengeksplorasi
·
Praktik
menyelidik induksi magnit di sekitar kawat berarus listrik atau
·
Praktik
menyelidiki gaya magnetik oleh kawat berarus listrik
·
Membuat
motor listrik sederhana
Mengasosiasi
·
Mengolah
data hasil percobaan secara lengkap
Mengomunikasikan
·
Menyusun
laporan hasil percobaan
·
Presentasi
hasil eksperimen secara audio visual dan atau powepoin.
|
Tugas
·
Menulis
laporan ilmiah sebagai hasil studi literatur dari berbagai sumber tentang
pemanfaatan gaya magnetik pada berbagai produk teknoligi
Observasi
Ceklist lembar
pengamatan kegiatan presentasi kelompok
Portofolio
Laporan tertulis
rancangan dan kegiatan percobaan secara softcopy,
hardcopy, powerpoin dan audiovisual
Tes
·
Tes
tertulis Menyelesaikan soal-soal tentang Induksi Magnetik dan Gaya Magnetik
|
12 JP
(3 x 4 JP)
|
Fisika SMA Jilid
III,
Fisika, Young and
Freeman, Jilid II
Praktikum Fisika,
Depdiknas
Alat
·
Magnet
batang
·
Kertas
logam
·
Kabel
penghubung
·
Kompas
atau magnet jarum
|
2.1 Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan)
dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan
percobaan , melaporkan, dan berdiskusi
|
|||||
3.6 Menganalisis
induksi magnet dan gaya magnetik pada berbagai produk teknologi
|
|||||
4.6 Melaksanakan pengamatan induksi magnet dan
gaya magnetik di sekitar kawat berarus listrik
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
1.1 Menyadari kebesaran Tuhan yang menciptakan
dan mengatur alam jagad raya melalui pengamatan fenomena alam fisis dan
pengukurannya
|
Induksi Faraday
· GGL
Induksi
· Hukum
Lenz
· Induksi
Diri
· Aplikasi
Induksi Faraday pada produk teknologi
|
Mengamati
· Mencari
informasi tentang berbagai produk teknologi yang menggunakan induksi Faraday
dari berbagai sumber
Mempertanyakan
·
Mempertanyakan tentang fenomena
induksi elektromagnetik
Eksperimen/
Mengeksplorasi
· Melakukan
percobaab tentang induksi elektromagnetik
· Mendiskusikan
tentang GGL Induksi Hukum Lenz,
· Mendiskusikan
pemanfaatan induksi Faraday pada
produk teknologi
· Merancang
dan Membuat alat sederhana yang menggunakan prinsip induksi Faraday
As
Mengomunikasikan
·
Mempresentasi hasil eksperimen.
|
Tugas
· Menulis
laporan ilmiah sebagai hasil studi literatur dari berbagai sumber tentang
pemanfaatan induksi Faraday pada berbagai produk teknologi
· Menyelesaikan
soal-soal tentang Induksi Faraday dan Arus Bolak balik
Observasi
Ceklist lembar pengamatan kegiatan presentasi
kelompok
Portofolio
Laporan tertulis rancangan dan kegiatan percobaan
secara softcopy, hardcopy, powerpoin
dan audiovisual
Tes
Tes tertulis bentuk uraian dan/atau pilihan ganda
|
16
JP
(4 x 4 JP)
|
·
Fisika SMA Jilid III,
·
Fisika, Young and Freeman, Jilid
II
·
Praktikum Fisika, Depdiknas
Alat
·
Magnet
·
Galvanometer
·
Lilitan kawat
|
2.1 Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan)
dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan
percobaan , melaporkan, dan berdiskusi
|
|||||
3.7 Memahami fenomena
induksi elektromagnetik berdasarkan
percobaan
|
|||||
4.7 Membuat proyek
sederhana dengan menggunakan prinsip induksi elektromagnetik
|
|||||
1.1 Menyadari kebesaran Tuhan yang menciptakan
dan mengatur alam jagad raya melalui pengamatan fenomena alam fisis dan
pengukurannya
|
Rangkaian Arus Bolak-Balik
· Arus
dan tegangan Bolak-Balik
· Rangkaian
Arus Bolak-Balik
· Daya
pada Rangkaian Arus Bolak-Balik
|
Mengamati
· Menggali
informasi tentang karakteristiik arus, tegangan dan sumber arus bolak
Menanya
· Diskusi
kelas tentang arus dan tengan bolak-balik
· Diskusi
kelas tentang Rangkaian Arus Bolak-balik
· Diskusi
kelas tentang Daya pada Rangkaian Arus Bolak-balik
Mengeksplorasi/Eksperimen
Mengeksplorasi rangkaian resonansi dan
pemanfatannya untuk tuning
frekuensi pada radio.
Mengkomunikasikan
Presentasi hasil eksplorasi secara audio visual
dan atau powepoin.
|
Tugas
Menyelesaikan soal-soal rangkaian arus bolak-balik
Observasi
Ceklist lembar pengamatan kegiatan presentasi
kelompok
Portofolio
Laporan presentasi resonansi secara softcopy,
hardcopy, powerpoinl
Tes
Tes tertulis bentuk uraian dan/atau pilihan ganda
|
12 JP
|
Fisika SMA Jilid III,
Fisika, Young and Freeman, Jilid II
Praktikum Fisika, Depdiknas
|
2.1 Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan)
dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan
percobaan , melaporkan, dan berdiskusi
|
|||||
3.8 Menganalisis
rangkaian arus bolak-balik (AC) serta penerapannya
|
|||||
4.8 Memecahkan
masalah terkait rangkaian arus
bolak-balik (AC) dalam kehidupan sehari-hari.
|
|||||
1.1 Menyadari kebesaran Tuhan yang menciptakan
dan mengatur alam jagad raya melalui pengamatan fenomena alam fisis dan
pengukurannya
|
Radiasi Elektromagnetik
· Spektrum
elektromagnetik
· Sumber
Radiasi Elektromegnetik
· Pemanfaatan
Radiasi Elektromagnetik
· Bahaya
Radiasi elekromagnetik
|
Mengamati
· Menggali
informasi tentang spektrum radiasi elektromagnetik dan pemanfaatannya dalam
kehidupan mahluk hidup
Menanya
· Diskusi
kelas tentang spektrum elektromagnetik
· Diskusi
kelas tentang sumber, manfaatn dan bahaya radiasi elektromagnetik bagi mahluk
hidup
Mengeksplorasi/Eksperimen
Mengeksplorasi radiasi elektromagnetik dalam
berbagai bidang kehidupan mahluk hidup
Mengkomunikasikan
Presentasi hasil eksplorasi secara audio visual
dan atau powepoin.
|
Tugas
· Menulis
laporan ilmiah sebagai hasil studi literatur dari berbagai sumber tentang
pemanfaatan dan bahayanya radiasi elektromagnetik
Observasi
Ceklist lembar pengamatan kegiatan presentasi
kelompok
Portofolio
Laporan tertulis hasil eksplorasi secara softcopy, hardcopy dan powerpoin.
Tes
Tes tertulis tentang
|
4 JP
(1 x 4 JP)
|
Fisika SMA Jilid III,
Fisika, Young and Freeman, Jilid II
Praktikum Fisika, Depdiknas
|
2.1 Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan)
dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan
percobaan , melaporkan, dan berdiskusi
|
|||||
3.9 Mengevaluasi pemikiran dirinya tentang
radiasi elektromagnetik, pemanfaatannya dalam teknologi, dan dampaknya pada
kehidupan
|
|||||
4.9 Menyajikan hasil
analisis tentang radiasi elektromagnetik, pemanfaatannya dalam teknologi, dan
dampaknya pada kehidupan
|
|||||
1.1 Menyadari kebesaran Tuhan yang menciptakan
dan mengatur alam jagad raya melalui pengamatan fenomena alam fisis dan
pengukurannya
|
Konsep dan
Fenomena kuantum:
· Konsep
foton
· Efek
fotolistrik
· Sinar-X
|
Mengamati
· Menggali
informasi tentang konsep foton, fenomena efek fotolistrik, dan sinar-X
· Menggali
informasi tentang aplikasi efek fotolistrik dalam kehidupan manusia (mis:
sensor cahaya, sel surya, mesin fotokopi, laser printer).
· Menggali
informasi tentang cara kerja mesin fotokopi.
· Menggali
informasi tentang aplikasi sinar-X dalam kehidupan manusia (mis: mesin foto
Rontgen, mesin pengecekan bagasi bandara ).
· Menggali
informasi tentang cara kerja mesin foto Rontgen.
Menanya
· Diskusi
kelas tentang efek fotolistrik dan cara kerja mesin fotokopi.
· Diskusi
kelas tentang sinar-X dan cara kerja mesin foto Rontgen.
Mengeksplorasi/Eksperimen
Mengeksplorasi fenomena efek fotolistrik, sinar-X,
dan aplikasinya dalam kehidupan manusia.
Mengkomunikasikan
Presentasi hasil eksplorasi secara audio visual
dan atau powerpoin.
|
Tugas
· Membuat
esai tentang foton, efek fotolistrik, sinar-X, dan aplikasinya dalam
kehidupan manusia.
· Menyelesaikan
soal-soal konsep dan fenomena kuantum
Observasi
Ceklist lembar penilaian esai
Portofolio
Laporan dan presentasi hasil explorasi secara softcopy, hardcopy, powerpoin
Tes
Tes tertulis bentuk uraian.
|
8
JP
(2 x 4 JP)
|
·
Fisika SMA Jilid III,
·
Fisika, Young and Freeman, Jilid
II
·
Praktikum Fisika, Depdiknas
|
2.1 Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan)
dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan
percobaan , melaporkan, dan berdiskusi
|
|||||
3.10 Memahami fenomena efek fotolistrik dan
sinar X dalam kehidupan sehari-hari
|
|||||
4.10 Menyajikan hasil analisis data tentang penerapan efek fotolistrik dan
sinar X dalam kehidupan sehari-hari
|
|||||
1.1 Menyadari kebesaran Tuhan yang menciptakan
dan mengatur alam jagad raya melalui pengamatan fenomena alam fisis dan
pengukurannya
|
Teknologi digital
· Transmisi
data
· Penyimpanan
data
|
Mengamati
· Mengali
informasi dari berbagai sumber tentang teknologi digital dan aplikasinya
dalam kehidupan manusia.
· Menggali
informasi dari berbagai sumber tentang transmisi data.
· Menggali informasi tentang penyimpanan data.
· Menggali
informasi tentang prinsip kerja phone-cell
Mempertanyakan
· Mempertanyakan
tentang. berbagai manfaat teknologi
digital saat ini
Mengeksplorasi
·
Mendiskusikan tentang teknologi digital dan aplikasinya
dalam kehidupan manusia.
·
Mendiskusikan tentang transmisi
dan penyimpanan data secara digital.
·
Mendiskusikan tentang prinsip
kerja phone-cell
·
Mendiskusikan berbagai manfaat teknologi digital misalnya untuk untuk
transmisi dan penyimpanan data.
Mengkomunikasikan
·
Membuat laporan dan presentasi
tentang manfaat teknologi digital
|
Tugas
· Membuat
esai tentang teknologi digital,
transmisi, dan penyimpanan data.
· Menyelesaikan
soal-soal terkait terkait teknologi digital, transmisi, dan penyimpanan data.
Observasi
Ceklis pengamatan pada saat presentasi
Portfolio
Laporan tertulis kelompok
Tes
Tes tertulis uraian
|
8
JP
(2 x 4 JP)
|
Giancoli
|
2.1 Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan)
dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan
percobaan , melaporkan, dan berdiskusi
|
|||||
3.11 Memahami transmisi dan penyimpanan data
dalam bentuk digital dan penerapannya dalam teknologi informasi dan
komunikasi
|
|||||
4.11 Menyajikan hasil penelusuran informasi
tentang transmisi dan penyimpanan data dalam bentuk digital dan penerapannya
dalam teknologi informasi dan komunikasi
|
|||||
1.1 Menyadari kebesaran Tuhan yang menciptakan
dan mengatur alam jagad raya melalui pengamatan fenomena alam fisis dan
pengukurannya
|
Inti Atom
· Struktur
Inti
· Reaksi
Inti
· Radioaktivitas
· Iptek
nuklir
|
Mengamati
· Mencari
informasi dari berbagai sumber tentang aplikasi radioaktivitas dalam berbagai
bidang
· Mencari
informasi dari berbagai sumber tentang
aplikasi iptek nuklir yang bermanfaat bagi kehidupan
· Mencari informasi penyebab iptek nuklir berbahaya dalam kehidupan misalnya peristiwa bom atom di Hiroshima dan
Nagasaki, kebocoran Reaktor Nuklir Chernobyl,
dan berbagai kebocoran reactor nuklir
Mempertanyakan
·
Mempertanyakan tentang
radioaktivitas dan aplikasinya dalam teknologi dan masyarakat
Mengeksplorasi
·
Mengeksplorasi tentang struktur
inti dan reaksi inti
·
Mendiskusikan manfaat iptek nuklir mutahir yang sudah digunakan
saat ini dalam berbagai kehidupan misalnya bidang industri dan pertanian
·
Mengeksplorasi tentang dampak radioaktivitas bagi mahluk hidup,
lingkungan, iklim, ekonomi, politik dan sosial
Mengassosiasi
·
Menghubungkan iptek nuklir dengan
dampaknya berbagai kejadian baik yang menguntungkan maupun yang menimbulkan
bahaya bagi kehidupan
Mengkomunikasikan
·
Mempresentasikan temuan tentang
radioaktifitas, iptek nuklir dan pemanfaatannya dalam berbagai bidang
|
Tugas
· Membuat
klipping tentang pemanfaatan iptek
nuklir dalam berbagai bidang saat ini (industri, energi, pangan, pertanian,
dsb)
· Membuat
karya tulis tentang pemanfaatan radioaktivitas dalam teknologi dan masyarakat
· Membuat
presentasi
Tes
Tertulis
· Menyelesaikan
soal-soal sehubungan dengan struktur inti dan reaksi inti
· Pemecahan
masalah sehubungan dengan iptek nuklir
|
12 JP
(3 x 4 JP)
|
·
Fisika SMA Jilid III,
·
Fisika, Young and Freeman, Jilid
II
·
Praktikum Fisika, Depdiknas
|
2.1 Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan)
dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan
percobaan , melaporkan, dan berdiskusi
|
|||||
3.12 Memahami karakteristik inti atom,
radioaktivitas, dan pemanfaatannya dalam teknologi
|
|||||
4.12 Menyajikan informasi tentang pemanfaatan
radioaktivitas dan dampaknya bagi kehidupan
|
|||||
1.1 Menyadari kebesaran Tuhan yang menciptakan
dan mengatur alam jagad raya melalui pengamatan fenomena alam fisis dan
pengukurannya
|
Sumber energi:
· Sumber
energi terbarukan dan tak terbarukan
· Pembangkitan
energi listrik
· Dampak
lingkungan
|
Mengamati:
· Mencari
informasi dari berbagai sumber informasi tentang pemanfaatan sumber-sumber
energi dalam kehidupan manusia.
· Menggali
informasi dari berbagai sumber tentang sumber energi terbarukan dan tak
terbarukan serta keterbatasannya
· Menggali
informasi dari berbagai sumber tentang pembangkitan energi listrik dari suatu
sumber energi (mis: minyak, gas, geotermal, surya, nuklir, biogas, angin).
· Menggali
informasi tentang dampak ekplorasi dan eksploitasi sumber-sumber energi
terhadap lingkungan.
Mempertanyakan
·
Mempertanyakan tentang
berbagai sumber daya energi yang
digunakan dalam kehidupan sehari-hari
·
Mempertanyakan bentuk tanggung
hawab yang dapat dilakukan dalam sikap menggunakan energi
Mengeksplorasi
· Mengeksplorasi
tentang sumber-sumber energi, permasalahan dan solusinya, serta dampaknya
bagi lingkungan
· Mendiskukusikan tentang sumber energi terbarukan dan tak
terbarukan serta keterbatasan-keterbatasannya
· Mendiskusikan
tentang solusi alternatif dari masalah keterbatasan sumber energy di
Indonesia.
· Mendiskusikan
tentang tentang dampak eksplorasi dan eksploitasi sumber energi terhadap
lingkungan.
· Mendiskusikan
tentang pembangkitan energi listrik dan “green energy” (energi ramah
lingkungan).
Mengassosiasi
·
Membuat hubungan antara
penggunaan energi dan jumlah energi yang tersedia
·
Membuat hubungan antara
penggunaan energy dan dampaknya bagi lingkungan
Mengkomunikasikan:
·
Membuat presentasi hasil eksplorasi tentang
penggunaan energi di Indonesia
·
Membuat karya tulis tentang ide/gagasan
pemecahan masalah keterbatasan sumber daya energi, energi alternatif, dan
dampaknya bagi kehidupan
|
Tugas:
· Membuat
klipping tentang sumber-sumber energi, masalah dan solusinya, serta dampaknya
terhadap lungkungan.
· Membuat
karya tulis tentang ide/gagasan
pemecahan masalah keterbatasan sumber daya energi di Indonesia
Tes
Tertulis
· Menyelesaikan
soal-soal berhubungan dengan
penggunaan energi dan energi alternatif yang diusulkan
Portfolio
Laporan tertulis hasil eksplorasi
|
8 JP
(2 x 4 JP)
|
Giancoli
|
2.1 Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan)
dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan
percobaan , melaporkan, dan berdiskusi
|
|||||
3.13 Memahami keterbatasan sumber daya energi
dan dampaknya bagi kehidupan
|
|||||
4.13 Menyajikan ide/gagasan pemecahan masalah
keterbatasan sumber daya energi, energi alternatif, dan dampaknya bagi kehidupan
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar