RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : MA Ibnul Qoyyim
Mata pelajaran : Fisika
Kelas/semester : X
IPA/1
Materi Pelajaran : Penjumlahan
Vektor
Alokasi waktu : 2
x 45 menit
A. Kompetensi
Inti
1.
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsive dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan social dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.
Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural,
berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah.
4.
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak
secara efektif dan kreatif, serta
mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator Pembelajaran
1.1
Menyadari
kebesaran Tuhan yang menciptakan dan mengatur alam jagad raya melalui pengamatan
fenomena alam fisis dan pengukurannya.
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa
ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung
jawab; terbuka; kritis; kreatif;
inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud
implementasi sikap dalam melakukan percobaan, melaporkan, dan berdiskusi.
3.2 Menerapkan prinsip penjumlahan vektor
(dengan pendekatan geometri).
Indikator: 3.2.1 Menguraikan Vektor
3.2.2 Menjumlahkan vektor secara
analitis
4.1 Menyajikan
hasil pengukuran besaran fisis dengan menggunakan peralatan dan teknik yang
tepat untuk penyelidikan ilmiah.
4.2 Merencanakan dan melaksanakan
percobaan untuk menentukan resultan vektor
Indikator:
4.2.1 Melakukan percobaan menentukan resultan vektor dengan demonstrasi
C.
Tujuan
Pembelajaran
1. Peserta didik dapat menguraikan
vektor
2. Peserta didik dapat menjumlahkan
vector secara analitis
3. Peserta
didik dapat menggambarkan
vektor menggunakan busur
4. Peserta didik dapat menentukan
resultan vektor dengan demonstrasi
D. Materi Pelajaran
Vektor
E.
Metode
Pelajaran
Model :
Cooperative Learning
Metode :
Ceramah, demonstrasi, diskusi kelompok
F.
Media
Pembelajaran
1. PPT
tentang vektor
2. Alat
peraga: papan
vector, busur.
G. Sumber Belajar
Kanginan, Marthen.2010.
Physics for Senior High School.
Jakarta : Erlangga
Syafaat, Firda Yanuar.2014. Bahan Ajar siswa. Yogyakarta
H. Kegiatan Pembelajaran
No
|
Kegiatan Guru
|
Kegiatan Peserta
Didik
|
Alokasi
Waktu
|
1.
|
Pendahuluan
·
Guru mengucapkan salam.
·
Guru bersama peserta didik berdoa sebelum pelajaran
dimulai.
·
Guru menyampaikan apersepsi atau motivasi
belajar siswa.
·
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
|
·
Peserta didik menjawab salam.
·
Peserta didik bersama guru berdoa sebelum
pelajaran dimulai.
· Peserta didik menyimak penjelasan guru.
· Peserta didik menyimak penjelasan guru.
|
10 menit
|
2.
|
Kegiatan Inti
·
Mengamati
ü Guru memberikan materi vektor terhadap peserta didik.
ü Guru menilai keterampilan peserta didik mengamati materi.
·
Menanya
ü Guru menanyakan apakah tujuan mempelajari vektor?
·
Mengumpulkan data
ü Guru membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok
kecil.
·
Mengasosiasi
ü Guru meminta setiap kelompok untuk mempelajari dan
mendikusikan bahan ajar dan memberikan tugas kelompok
·
Mengomunikasikan
ü Guru meminta perwakilan antar kelompok untuk
menyampaikan hasil diskusi.
|
·
Mengamati
ü Peserta didik mengamati materi yang diberikan guru.
·
Menanya
ü Peserta didik mencoba menjawab berdasarkan pengetahuannya
masing-masing
· Mengumpulkan data
ü Peserta didik membentuk kelompok.
· Mengasosiasi
ü peserta didik mendiskusikan bahan ajar dan tugas
kelompoknya.
·
Mengomunikasikan
ü Peserta didik dari setiap kelompok menyampaikan hasil diskusi
|
75 menit
|
3.
|
Penutup
·
Guru bersama peserta didik memberikan kesimpulan dari
pembelajaran.
·
Guru bersama peserta didik memberikan
urgensi materi vektor.
·
Guru menyampaikan materi yang akan dipelajari
minggu depan.
|
·
Peserta didik bersama guru memberikan kesimpulan dari
pembelajaran.
·
Peserta didik bersama guru memberikan urgensi materi vektor.
·
peserta didik menyimak penyampaian guru.
|
5 menit
|
I.
Penilaian
1. Sikap sosial
a. Teknik Penilaian : Non-Tes
b. Bentuk Instrumen :Lembar Observasi
c.
Kisi-kisi
No.
|
Indikator
|
Butir Instrumen
|
|
Kejujuran
|
No 1
|
|
Ketelitian
|
No 2
|
|
Tanggungjawab
|
No 3
|
Instrumen:
lihat Lampiran 1
2.
Pengetahuan
a.
Teknik
Penilaian : Tes Tertulis
b.
Bentuk
Instrumen : Uraian
c.
Kisi-kisi
:
No
|
Indikator
|
Butir Instrumen
|
1.
|
Menjelaskan definisi vektor
|
Soal uraian no 1
|
2.
|
Mengoperasikan vektor
|
Soal uraian no
|
3.
|
Menjumlahkan vektor secara
analitis
|
|
Instrumen
: lihat Lampiran 2
Yogyakarta,
3 Mei 2014
Mengetahui, Guru
Mata Pelajaran
Iksan Taufik H,S.Pd
Rendi
NIP: 197907022005011002
Lampiran 1:
LEMBAR PENILAIAN SOSIAL
Mata
Pelajaran : Fisika
Materi
pokok : Karakteristik Gelombang
Berilah
tanda ( pada
masing-masing aktivitas di bawah ini!
No
|
Nama Peserta didik
|
Skor
|
Total
|
||
Kejujuran
|
ketelitian
|
tanggungjawab
|
|||
1.
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
6.
|
|
|
|
|
|
7.
|
|
|
|
|
|
8.
|
|
|
|
|
|
9.
|
|
|
|
|
|
10.
|
|
|
|
|
|
11.
|
|
|
|
|
|
12.
|
|
|
|
|
|
13.
|
|
|
|
|
|
14.
|
|
|
|
|
|
15.
|
|
|
|
|
|
16.
|
|
|
|
|
|
17.
|
|
|
|
|
|
18.
|
|
|
|
|
|
19.
|
|
|
|
|
|
20.
|
|
|
|
|
|
21.
|
|
|
|
|
|
22.
|
|
|
|
|
|
23.
|
|
|
|
|
|
24.
|
|
|
|
|
|
Kriteria Penilaian :
Nilai =
|
∑ Skor yang Diperoleh
|
X4
|
|
∑ Skor Maksimal
Rubrik
Penilaian:
No
|
Sikap yang dinilai
|
Rubrik
|
1
|
Kejujuran
|
1. Tidak jujur dalam hal mengerjakan tugas kelompok
dan mempresentasikan hasil diskusi
2. Jujur dalam hal mengerjakan tugas
kelompok.
3. Jujur dalam hal mengerjakan tugas
kelompok dan mempresentasikan hasil diskusi
|
2
|
Ketelitian
|
1. Tidak teliti dalam hal mengerjakan
tugas kelompok dan mempresentasikan hasil diskusi
2. Teliti dalam hal mengerjakan tugas
kelompok
3. Teliti dalam hal mengerjakan tugas
kelompok dan mempresentasikan hasil diskusi
|
3
|
Tanggungjawab
|
1. Tidak bertanggungjawab dalam hal
mengerjakan tugas kelompok dan mempresentasikan hasil diskusi
2. Bertanggungjawab dalam hal
mengerjakan tugas kelompok
3. Bertanggungjawab dalam hal
mengerjakan tugas kelompok dan mempresentasikan hasil diskusi.
|
Kriteria
Penilaian:
3<skor4 : sangat baik
2<skor3 : baik
1<skor2 : cukup
Skor
< 1 : kurang
Lampiran
2
Lembar Penilaian Pengetahuan
A. Kisi-Kisi
No
|
Tujuan Pembelajaran
|
Soal
|
No soal
|
1.
|
Peserta
didik dapat menjelaskan definisi vektor
|
1.
Apa yang dimaksud dengan vektor?
2.
gelombang dapat mengalami gejala-gejala tertentu,
sebutkan gejala gelombang tersebut!
|
Soal
uraian no 1
Soal
uraian no 2
|
2.
|
Peserta
didik dapat menjelaskan karakteristik pemantulan dan interferensi gelombang
|
3.
jelaskan tentang pemantulan dan interferensi gelombang?
4.
Sebutkan contoh pemantulan dan interferensi gelombang
dalam kehidupan sehari-hari!
|
Soal
uraian no 3
Soal
uraian no 4
|
1. Peserta
didik dapat
menjumlahkan vektor
2. Peserta didik dapat menguraikan
vektor
3. Peserta didik dapat menjumlahkan
vector secara analitis
4. Peserta
didik dapat menggambarkan
vektor menggunakan busur
Peserta
didik dapat menentukan resultan vector dengan demonstrasi
B. Kunci
Jawaban
No.
|
|
Kunci Jawaban
|
Skor
|
||||
1.
|
Apa yang dimaksud dengan gelombang?
|
Gelombang
adalah proses merambatnya suatu getaran tanpa disertai perpindahan medium
hanya dipengaruhi oleh perpindahan energinya
|
5
|
||||
2.
|
gelombang dapat mengalami gejala-gejala tertentu,
sebutkan gejala gelombang tersebut!
|
Gejala
gelombang:
1.
Pemantulan gelombang
2.
Pembiasan gelombang
3.
Interferensi gelombang
4.
Difraksi gelombang
5.
Pengkutuban gelombang
|
5
|
||||
3.
|
jelaskan tentang pemantulan dan interferensi gelombang?
|
·
Pemantulan gelombang adalah pengembalian seluruh atau
sebagian dari suatu berkas partikel atau gelombang bila berkas tersebut
bertemu dengan bidang batas antara dua medium.
·
Interferensi gelombang adalah adalah hasil kerja sama dua
gelombang atau lebih yang bertemu pada satu titik di dalam ruang dan
menimbulkan fenomena fisik yang
dapat diamati.
|
10
|
||||
4.
|
Sebutkan contoh pemantulan dan interferensi gelombang
dalam kehidupan sehari-hari!
|
·
Contoh pemantulan gelombang yaitu gema dan ombak laut
yang membentur karang
·
Contoh interferensi gelombang yaitu riak air
|
5
|
||||
Total
|
25
|
||||||
Nilai =
|
∑Skor yang Diperoleh
|
X 100
|
|
||||
∑Skor Maksimum
|
|||||||
Tidak ada komentar:
Posting Komentar