Selasa, 04 November 2014

RPP Usaha dan Energi kurikulum 2013




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah             :  MA Ibnul Qoyyim Putera
Mata Pelajaran             :  Fisika
Kelas / Semester          :  IX/ I
Materi Pokok               : Usaha dan Energi
Alokasi waktu              :  2 X 45 Menit

A.     STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR
Standar Kompetensi: 1. Menganalisis gejala alam dan keteraturannya dalam cakupan mekanika benda             titik
Kompetensi Dasar   : 1.5. Menganalisis hubungan antara usaha, perubahan energi dengan hukum kekekalan energi mekanik
B.     INDIKATOR
Indikator :
·         Mendeskripsikan hubungan antara usaha perubahan energi ke dalam bentuk persamaan.
·         Menghitung besar energi potensial dan energi kinetik
·         Menganalisis hubungan antara usaha dan energi kinetik
·         Menganalisis hubungan antara usaha dengan energi potensial

C.     TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah melakukan kegiatan belajar mengajar diharapkan siswa dapat:
·         Siswa dapat menyebutkan persamaan usaha,dan energi
·         Siswa dapat menyebutkan hubungan usaha dan energi
·         Siswa dapat menghitung besar energi potensial dalam fenomena kehidupan sehari-hari
·         Siswa dapat menghitung besar energi kinetik dalam fenomena kehidupan sehari-hari
·         Siswa dapat menjelaskan grafik hubungan antara F dan s






D.     MATERI PEMBELAJARAN
A.    USAHA
Dalam fisika, usaha memiliki pengertian
khusus untuk mendeskripsikan apa yang
dihasilkan oleh gaya ketika bekerja pada
benda sehingga benda bergerak pada jarak
tertentu atau dengan kata lain Usaha dalam fisika didefinisikan sebagai perkalian antara besarnya
gaya yang menyebabkan benda berpindah dengan besarnya
perpindahan benda yang searah dengan arah gaya tersebut. Usaha yang dilakukan oleh gaya
didefinisikan sebagai hasil kali komponen
gaya yang segaris dengan perpindahan
dengan besarnya perpindahan. Gambar 4.2.
menunjukkan gaya F yang bekerja pada benda yang terletak pada bidang horizontal sehingga benda berpindah sejauh s.
Besarnya komponen gaya yang segaris atau searah dengan perpindahan adalah
F = F.cos α , sehingga besarnya usaha dirumuskan:
W = F . s
W = F.cos α .s = F.s.cos α
dengan:
W = usaha ( J)
F = gaya (N)
 s = perpindahan (m)
  α = sudut antara F dengan s
Berdasarkan persamaan (4.1), besarnya usaha yang dilakukan oleh gaya ditentukan oleh besarnya sudut antara arah gaya dengan perpindahan benda. Berikut ini beberapa keadaan istimewa yang berhubungan dengan arah gaya dan perpindahan benda:


a.       Jika α = 0°, berarti gaya F searah dengan arah perpindahan. Karena cos 0° = 1,
 maka usaha yang dilakukan: W = F.s.
b. Jika α = 90°, berarti gaya F tegak lurus dengan arah perpindahan. Karena cos 90° = 0,
maka: W = 0. Dikatakan bahwa gaya tidak menghasilkan usaha.
c. Jika α = 180°, berarti gaya F berlawanan dengan arah perpindahan. Karena cos 180°= -1,
maka: W = -F . s.
d. Jika s = 0, berarti gaya tidak menyebabkan benda berpindah, maka: W = 0.
1)                  Grafik F – S
Gaya yang bekerja pada benda dapat berubah-ubah terhadap perpindahannya. Bagaimana usaha dari gaya F itu? Jika perubahan gaya tersebut teratur, maka usaha yang dilakukan dapat ditentukan dengan konsep grafik F - S. Contohnya F yang bekerja pada balok berubah terhadap S seperti pada grafik F - S di samping. Usaha yang dilakukan gaya F tersebut dapat ditentukan dari luas daerah yang dibatasi kurva dan sumbu s. Daerah yang dimaksud adalah daerah terarsir. Berarti dapat dirumuskan seperti di bawah ini. W = luas kurva grafik F – S.


E.     METODE
Ceramah,demonstrasi, diskusi, dan kerja kelompok.
F.      Model
Kooperatif learning

G.    SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
·         Media :
ü  Buku
ü  Penggaris plastik
ü  Kertas Hvs

·         Buku sumber:

Sunardi dan Siti Zenab.2014. Fisika untuk SMA/MA Kelas XI. Bandung: Yrama Widya.

Rendi.2014. Bahan Ajar siswa. Yogyakarta.

Wasis ,Yuli Irianto ,Sugeng.2009.”Fisika untuk SMA kelas XI”. Jakarta :Depdiknas

Lembar Kerja Siswa (LKS)










H.    STRATEGI PEMBELAJARAN

No


1
Pendahuluan
·         Salam pembuka / do’a
·         Guru mengecek daftar hadir siswa
·         Guru memberikan motivasi
·         Menyampaikan indikator yang akan dicapai pada pertemuan hari ini
15 menit
2
Kegiatan inti:
Ø  Eksplorasi
·     melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas tentang topik/tema materi usaha dan energi yang akan dipelajari dari aneka sumber
·     memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
·     melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
·     memfasilitasi peserta didik melakukan diskusi

Ø  Elaborasi
·         guru membimbing peserta didik membentuk kelompok-kelompok kecil
·         Siswa dengan bimbingan guru  melakukan diskusi-informasi tentang usaha dan energi dalam kehidupan sehari-hari
·         Diskusi-informasi tentang usaha dan energi
·         Diskusi-informasi tentang perbedaan pengaruh usaha dan energi
·         Perwakilan tiap-tiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya
·         Kegiatan tanya jawab antar kelompok
·         Guru menanggapi hasil diskusi

Ø  Konfirmasi
·         Guru bertanya jawab tentang peristiwa usaha dan energi dalam kehidupan sehari-hari
·         Guru menyimpulkan hasil diskusi dan kegiatan pembelajaran

60 menit
3
Kegiatan penutup:
·         Guru mengevaluasi hasil belajar dengan latihan soal-soal
·         Pembahasan jawaban dari soal-soal latihan
·         Guru menyampaikan urgensi dari materi usaha dan energi
·         Salam penutup /do’a
15 menit








I.       PENILAIAN
1.      Penilaian Afektif
a. Teknik penilaian : Non-tes
b. Bentuk instrumen :  lembar observasi
Instrumen: lihat Lampiran
2.      Penilaian kognitif
a. Teknik penilaian : tes tertulis
b. Bentuk instrumen : isian


















                                                                                Yogyakarta, 27 Oktober 2014
Mengetahui,


                                                                                   
      Iksan Taufik H,S.Pd                                                                                    Rendi






 
NIP:197907022005011002                                                     NIM: 11690018
LAMPIRAN
LEMBAR PENILAIAN AFEKTIF
Mata Pelajaran       :           Fisika
Materi pokok         :           Usaha dan Energi
Berilah tanda ( pada masing-masing aktivitas di bawah ini!
No
Nama Peserta didik
Skor
Total
Kejujuran
ketelitian
tanggungjawab
1.
Alfian Rifki Pradana




2.
Annas Shidhig Mashudi




3.
Dzulfikar Rizki F.M




4.
Fakihaulia Rahman




5.
Hamzah Abdullah .H




6.
Isnaini Abdul Azis




7.
Mufassir Al-Kurni




8.
M. Ridhoillahi




9.
Nur M. Rosyada




10
Rahmat Ardian




11.
Zulfi Gunawan




12
Wahid Sidiq Abdullah






Kriteria Penilaian :
Nilai =
Jumlah Skor yang Diperoleh
X100

                            Skor Maksimal







Rubrik penilaian
No
Sikap yang dinilai
Rubrik
1
Kejujuran
1.   Tidak  jujur dalam hal mengerjakan tugas kelompok dan mempresentasikan hasil diskusi
2.   Jujur dalam hal mengerjakan tugas kelompok.
3.   Jujur dalam hal mengerjakan tugas kelompok dan mempresentasikan hasil diskusi
2
ketelitian
1.   Tidak teliti dalam hal mengerjakan tugas kelompok dan mempresentasikan hasil diskusi
2.   Teliti dalam hal mengerjakan tugas kelompok
3.   Teliti dalam hal mengerjakan tugas kelompok dan mempresentasikan hasil diskusi
3
Tanggungjawab
1.   Tidak bertanggungjawab dalam hal mengerjakan tugas kelompok dan mempresentasikan hasil diskusi
2.   Bertanggungjawab dalam hal mengerjakan tugas kelompok
3.   Bertanggungjawab dalam hal mengerjakan tugas kelompok dan mempresentasikan hasil diskusi.
Kriteria Penilaian:
3<skor≤4         : sangat baik
2<skor≤3         : baik
1<skor≤2         : cukup
Skor < 1           : kurang


LEMBAR PENILAIAN KOGNITIF

A.     Kisi-Kisi
No
Tujuan Pembelajaran
Soal
No soal
1.


·                     Siswa dapat menyebutkan persamaan usaha,dan energi
·       Apa yang dimaksud dengan usaha dan energi dan sebutkan persamaannya?
Soal uraian no 1



2.

·                     Siswa dapat menyebutkan hubungan usaha dan energi

·       Adakah hubungan antara usaha dan energi, jelaskan?

Soal uraian no 2

3.
·                     Siswa dapat menghitung besar energi potensial dalam fenomena kehidupan sehari-hari
.

·                    Sebuah bola bermassa 0,5 kg dilempar vertikal ke atas hingga mencapai ketinggian 20 m. Bila
g = 10 m, hitunglah energi potensial benda pada ketinggian tersebut
Soal uraian no 3



4.
·                    Siswa dapat menghitung besar energi kinetik dalam fenomena kehidupan sehari-hari

·                    Seekor burung terbang dengan kelajuan 25 m/s. Bila massa burung tersebut adalah 200 gram, maka hitunglah energi kinetik yang dimiliki burung?
Soal uraian no 4


5.
·                     Siswa dapat menjelaskan grafik hubungan antara F dan s
·                    Bagaimanakah grafik hubungan antara F dan s?
Soal uraian no 5



B.     Kunci Jawaban
No.

Kunci Jawaban
Skor
1.
Apa yang dimaksud dengan usaha dan energi dan sebutkan persamaannya?
Usaha dalam fisika didefinisikan sebagai perkalian antara besarnya gaya yang menyebabkan benda berpindah dengan besarnya perpindahan benda yang searah dengan arah gaya tersebut (W = F.cos α .s)

energi didefinisikan sebagai kemampuan untuk melakukan kerja atau usaha (Ek=m dan Ep=mgh)
20
2.
Bagaimana hubungan antara usaha dan energi, jelaskan?
·         Usaha yang digunakan untuk mengubah benda dari  ke  adalah sama dengan usaha yang digunakan untuk mengubah energi potensial benda dari Ep1 ke Ep2
W= = mg-mg
W= ∆
·         Usaha yang digunakan untuk mengubah benda dari  ke  adalah sama dengan usaha yang digunakan untuk mengubah energi kinetik benda dari  ke
W= =
W= ∆
20
3.
Sebuah bola bermassa 0,5 kg dilempar vertikal ke atas hingga mencapai ketinggian 20 m. Bila
g = 10 m, hitunglah energi potensial benda pada ketinggian tersebut
Ep= mgh= 0.5 x 20 x 10 = 100 Joule
`20
4.
Seekor burung terbang dengan kecepatan 25 m/s. Bila massa burung tersebut adalah 200 gram, maka hitunglah energi kinetik yang dimiliki burung?Tentukan tetapan pegas tersebut!


Ek = m = 0,5 x 0,2 x 25 = 2,5 Joule
20
5.
Bagaimanakah grafik hubungan antara F dan s?
20
Total
100

Kriteria Penilaian :
Nilai =
Jumlah Skor yang Diperoleh
X100

                            Skor Maksimal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar