RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah :
MA Ibnul Qoyyim Putera
Mata
Pelajaran : Fisika
Kelas /
Semester : IX/ I
Materi Pokok : Usaha dan Energi
Alokasi
waktu : 2 X 45 Menit
A. STANDAR
KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR
Standar
Kompetensi: 1. Menganalisis gejala alam dan keteraturannya dalam
cakupan mekanika benda titik
Kompetensi Dasar : 1.5. Menganalisis hubungan antara usaha,
perubahan energi dengan hukum kekekalan energi mekanik
B. INDIKATOR
Indikator :
·
Mendeskripsikan
hubungan antara usaha perubahan energi ke dalam bentuk persamaan.
·
Menghitung
besar energi potensial dan energi kinetik
·
Menganalisis
hubungan antara usaha dan energi kinetik
·
Menganalisis
hubungan antara usaha dengan energi potensial
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN
Setelah melakukan
kegiatan belajar mengajar diharapkan siswa dapat:
·
Siswa
dapat menyebutkan persamaan usaha,dan energi
·
Siswa
dapat menyebutkan hubungan usaha dan energi
·
Siswa
dapat menghitung besar energi potensial dalam fenomena kehidupan sehari-hari
·
Siswa
dapat menghitung besar energi kinetik dalam fenomena kehidupan sehari-hari
·
Siswa
dapat menjelaskan grafik hubungan antara F dan s
D. MATERI PEMBELAJARAN
A. USAHA
Dalam fisika, usaha
memiliki pengertian
khusus untuk
mendeskripsikan apa yang
dihasilkan oleh
gaya ketika bekerja pada
benda sehingga
benda bergerak pada jarak
tertentu atau
dengan kata lain Usaha
dalam fisika didefinisikan sebagai perkalian antara besarnya
gaya yang menyebabkan benda berpindah dengan
besarnya
perpindahan benda yang searah dengan
arah gaya tersebut. Usaha yang dilakukan oleh gaya
didefinisikan
sebagai hasil kali komponen
gaya yang segaris
dengan perpindahan
dengan besarnya
perpindahan. Gambar 4.2.
menunjukkan gaya F
yang bekerja pada benda yang terletak pada bidang horizontal sehingga benda
berpindah sejauh s.
Besarnya komponen
gaya yang segaris atau searah dengan perpindahan adalah
F = F.cos α , sehingga besarnya
usaha dirumuskan:
W = F . s
W = F.cos α .s
= F.s.cos α
dengan:
W = usaha ( J)
F = gaya (N)
s = perpindahan (m)
α = sudut antara F dengan
s
Berdasarkan persamaan (4.1), besarnya usaha yang dilakukan oleh
gaya ditentukan oleh besarnya sudut antara arah gaya dengan perpindahan benda.
Berikut ini beberapa keadaan istimewa yang berhubungan dengan arah gaya dan
perpindahan benda:
a.
Jika α = 0°, berarti gaya F searah dengan arah
perpindahan. Karena cos 0° = 1,
maka usaha yang dilakukan: W = F.s.
b. Jika α = 90°,
berarti gaya F tegak lurus dengan arah perpindahan. Karena cos 90° = 0,
maka: W = 0.
Dikatakan bahwa gaya tidak menghasilkan usaha.
c. Jika α = 180°,
berarti gaya F berlawanan dengan arah perpindahan. Karena cos 180°= -1,
maka: W = -F
. s.
d. Jika s =
0, berarti gaya tidak menyebabkan benda berpindah,
maka: W = 0.
1)
Grafik
F – S
Gaya yang bekerja pada benda dapat
berubah-ubah terhadap perpindahannya. Bagaimana usaha dari gaya F itu? Jika
perubahan gaya tersebut teratur, maka usaha yang dilakukan dapat ditentukan
dengan konsep grafik F - S. Contohnya F yang bekerja pada balok berubah
terhadap S seperti pada grafik F - S di
samping. Usaha yang dilakukan gaya F tersebut dapat ditentukan dari luas
daerah yang dibatasi kurva dan sumbu s. Daerah yang dimaksud adalah daerah
terarsir. Berarti dapat dirumuskan seperti di bawah ini. W = luas kurva grafik F – S.
E. METODE
Ceramah,demonstrasi, diskusi,
dan kerja kelompok.
F. Model
Kooperatif learning
G. SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
·
Media
:
ü
Buku
ü
Penggaris
plastik
ü
Kertas
Hvs
·
Buku
sumber:
Sunardi dan Siti
Zenab.2014. Fisika untuk SMA/MA Kelas XI. Bandung: Yrama Widya.
Rendi.2014. Bahan
Ajar siswa. Yogyakarta.
Wasis ,Yuli Irianto
,Sugeng.2009.”Fisika untuk SMA kelas XI”. Jakarta :Depdiknas
Lembar Kerja Siswa
(LKS)
H. STRATEGI PEMBELAJARAN
No
|
|
|
1
|
Pendahuluan
·
Salam
pembuka / do’a
·
Guru
mengecek daftar hadir siswa
·
Guru
memberikan motivasi
·
Menyampaikan
indikator yang akan dicapai pada pertemuan hari ini
|
15 menit
|
2
|
Kegiatan
inti:
Ø
Eksplorasi
·
melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas tentang topik/tema materi usaha dan
energi yang akan dipelajari dari aneka sumber
·
memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan
guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
·
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
·
memfasilitasi
peserta didik melakukan diskusi
Ø
Elaborasi
·
guru
membimbing peserta didik membentuk kelompok-kelompok kecil
·
Siswa
dengan bimbingan guru melakukan
diskusi-informasi tentang usaha dan energi dalam kehidupan sehari-hari
·
Diskusi-informasi
tentang usaha dan energi
·
Diskusi-informasi
tentang perbedaan pengaruh usaha dan energi
·
Perwakilan
tiap-tiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya
·
Kegiatan
tanya jawab antar kelompok
·
Guru
menanggapi hasil diskusi
Ø
Konfirmasi
·
Guru
bertanya jawab tentang peristiwa usaha dan energi dalam kehidupan sehari-hari
·
Guru
menyimpulkan hasil diskusi dan kegiatan pembelajaran
|
60 menit
|
3
|
Kegiatan
penutup:
·
Guru
mengevaluasi hasil belajar dengan latihan soal-soal
·
Pembahasan
jawaban dari soal-soal latihan
·
Guru
menyampaikan urgensi dari materi usaha dan energi
·
Salam
penutup /do’a
|
15 menit
|
I. PENILAIAN
1.
Penilaian
Afektif
a. Teknik penilaian : Non-tes
b. Bentuk instrumen :
lembar observasi
Instrumen:
lihat Lampiran
2.
Penilaian
kognitif
a. Teknik penilaian : tes tertulis
b. Bentuk instrumen : isian
Yogyakarta, 27 Oktober 2014
Mengetahui,
Iksan Taufik H,S.Pd Rendi
NIP:197907022005011002 NIM:
11690018
LAMPIRAN
LEMBAR
PENILAIAN AFEKTIF
Mata Pelajaran : Fisika
Materi pokok : Usaha dan Energi
Berilah tanda ( pada masing-masing
aktivitas di bawah ini!
No
|
Nama Peserta didik
|
Skor
|
Total
|
||
Kejujuran
|
ketelitian
|
tanggungjawab
|
|||
1.
|
Alfian Rifki Pradana
|
|
|
|
|
2.
|
Annas Shidhig Mashudi
|
|
|
|
|
3.
|
Dzulfikar Rizki F.M
|
|
|
|
|
4.
|
Fakihaulia Rahman
|
|
|
|
|
5.
|
Hamzah Abdullah .H
|
|
|
|
|
6.
|
Isnaini Abdul Azis
|
|
|
|
|
7.
|
Mufassir Al-Kurni
|
|
|
|
|
8.
|
M. Ridhoillahi
|
|
|
|
|
9.
|
Nur M. Rosyada
|
|
|
|
|
10
|
Rahmat Ardian
|
|
|
|
|
11.
|
Zulfi Gunawan
|
|
|
|
|
12
|
Wahid Sidiq Abdullah
|
|
|
|
|
Kriteria Penilaian :
Nilai =
|
Jumlah Skor yang Diperoleh
|
X100
|
|
Skor Maksimal
Rubrik penilaian
No
|
Sikap
yang dinilai
|
Rubrik
|
1
|
Kejujuran
|
1.
Tidak jujur dalam hal mengerjakan tugas kelompok
dan mempresentasikan hasil diskusi
2.
Jujur
dalam hal mengerjakan tugas kelompok.
3.
Jujur
dalam hal mengerjakan tugas kelompok dan mempresentasikan hasil diskusi
|
2
|
ketelitian
|
1.
Tidak
teliti dalam hal mengerjakan tugas kelompok dan mempresentasikan hasil
diskusi
2.
Teliti
dalam hal mengerjakan tugas kelompok
3.
Teliti
dalam hal mengerjakan tugas kelompok dan mempresentasikan hasil diskusi
|
3
|
Tanggungjawab
|
1.
Tidak
bertanggungjawab dalam hal mengerjakan tugas kelompok dan mempresentasikan
hasil diskusi
2.
Bertanggungjawab
dalam hal mengerjakan tugas kelompok
3.
Bertanggungjawab
dalam hal mengerjakan tugas kelompok dan mempresentasikan hasil diskusi.
|
Kriteria Penilaian:
3<skor≤4 :
sangat baik
2<skor≤3 :
baik
1<skor≤2 :
cukup
Skor < 1 :
kurang
LEMBAR
PENILAIAN KOGNITIF
A. Kisi-Kisi
No
|
Tujuan Pembelajaran
|
Soal
|
No soal
|
1.
|
·
Siswa
dapat menyebutkan persamaan usaha,dan energi
|
· Apa
yang dimaksud dengan usaha
dan energi dan sebutkan persamaannya?
|
Soal uraian no 1
|
2.
|
·
Siswa
dapat menyebutkan hubungan usaha dan energi
|
· Adakah hubungan antara usaha
dan energi, jelaskan?
|
Soal
uraian no 2
|
3.
|
·
Siswa
dapat menghitung besar energi potensial dalam fenomena kehidupan sehari-hari
.
|
·
Sebuah
bola bermassa 0,5 kg dilempar vertikal ke atas hingga mencapai ketinggian 20
m. Bila
g = 10
m, hitunglah energi potensial benda pada ketinggian
tersebut
|
Soal uraian no 3
|
4.
|
·
Siswa
dapat menghitung besar energi kinetik dalam fenomena kehidupan sehari-hari
|
·
Seekor
burung terbang dengan kelajuan 25 m/s. Bila massa burung tersebut adalah 200
gram, maka hitunglah energi kinetik yang dimiliki burung?
|
Soal
uraian no 4
|
5.
|
·
Siswa
dapat menjelaskan grafik hubungan antara F dan s
|
·
Bagaimanakah
grafik hubungan antara F dan s?
|
Soal
uraian no 5
|
B.
Kunci Jawaban
No.
|
|
Kunci Jawaban
|
Skor
|
1.
|
Apa yang
dimaksud dengan usaha
dan energi dan sebutkan persamaannya?
|
Usaha dalam fisika didefinisikan
sebagai perkalian antara besarnya gaya yang menyebabkan benda berpindah
dengan besarnya perpindahan benda yang searah dengan arah gaya tersebut (W = F.cos α .s)
energi didefinisikan sebagai kemampuan untuk melakukan kerja atau
usaha (Ek=m dan Ep=mgh)
|
20
|
2.
|
Bagaimana
hubungan antara usaha dan energi, jelaskan?
|
·
Usaha
yang digunakan untuk mengubah benda dari ke adalah sama
dengan usaha yang digunakan untuk mengubah energi potensial benda dari Ep1 ke
Ep2
W= = mg-mg
W= ∆
·
Usaha
yang digunakan untuk mengubah benda dari ke adalah sama
dengan usaha yang digunakan untuk mengubah energi kinetik benda dari ke
W=
=
W=
∆
|
20
|
3.
|
Sebuah bola bermassa 0,5 kg
dilempar vertikal ke atas hingga mencapai ketinggian 20 m. Bila
g = 10 m, hitunglah energi potensial benda pada ketinggian
tersebut
|
Ep= mgh= 0.5 x 20
x 10 = 100 Joule
|
`20
|
4.
|
Seekor burung
terbang dengan kecepatan 25 m/s. Bila massa burung tersebut adalah 200 gram,
maka hitunglah energi kinetik yang dimiliki burung?Tentukan tetapan pegas
tersebut!
|
Ek = m = 0,5 x 0,2 x 25 = 2,5 Joule
|
20
|
5.
|
Bagaimanakah
grafik hubungan antara F dan s?
|
|
20
|
Total
|
100
|
Kriteria Penilaian :
Nilai =
|
Jumlah Skor yang Diperoleh
|
X100
|
|
Skor Maksimal
Tidak ada komentar:
Posting Komentar