Selasa, 04 November 2014

Silabus kelas XI Fisika kurikulum 2013



SILABUS MATA PELAJARAN: FISIKA

Satuan Pendidikan         : SMA
Kelas /Semester            : XI
Kompetensi Inti
KI. 1   Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya.
KI. 2   Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI. 3   Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI. 4  Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1    Menyadari kebesaran Tuhan yang menciptakan dan mengatur alam jagad raya  melalui pengamatan fenomena alam fisis dan pengukurannya
Analisis vektor untuk, gerak parabola dan gerak melingkar
·         Posisi, kecepatan, dan percepatan gerak dua dimensi (gerak lurus dan gerak parabola)
·         Posisi, kecepatan, dan percepatan gerak melingkar

Mengamati
·         Mengamati simulasi ilustrasi gerak dua dimensi  (gerak lurus dan gerak parabola) dan gerak melingkar
Mempertanyakan
·    Mempertanyakan tentang pengunaan vektor dalam gerak parabola dan gerak melingkar
Mengeksplorasi
·    Mendiskusikan vektor posisi, kecepatan dan percepatan gerak dua dimensi (gerak lurus dan gerak parabola)
·    Mendiskusikan hubungan posisi, kecepatan, dan percepatan gerak parabola
·    Mendiskusikan hubungan posisi sudut, kecepatan, dan percepatan gerak melingkar
Mengasosiasi
·    Mendiskusikan hubungan antara jarak tempuh dengan sudut tempuh, kecepatan linier dengan kecepatan sudut, dan percepatan linier dengan percepatan sudut pada gerak rotasi
·    Memprediksi posisi dan kecepatan pada titik tertentu berdasarkan pengolahan data percobaan gerak parabola
·    Mendiskusikan pemecahan masalah  gerak melingkar pada pengamatan kehidupan sehari-hari secara berkelompok
Mengomunikasikan
·         Mempresentasikan hasil kegiatan diskusi kelompok tentang pemecahan masalah  gerak melingkar
Tugas
Menyelesaikan masalah tentang posisi, perpindahan partikel pada gerak parabola dan gerak melingkar
Portopolio
Bahan presentasi
Observasi
Checklist lembar pengamatan kegiatan diskusi kelompok
Tes
Tertulis tentang gerak dua dimensi parabola dan gerak rotasi
12JP
(3 x 4 JP)







Sumber
·      FISIKA SMA Jilid2, Pusat Perbukuan
·      Panduan Praktikum Fisika SMA, Erlangga
·      e-dukasi.net

2.1   Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis;  kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan , melaporkan, dan berdiskusi
3.1  Menganalisis gerak parabola dan gerak melingkar dengan menggunakan vektor
4.1 Mengolah dan menganalisis data hasil percobaan gerak parabola dan gerak melingkar

1.1    Menyadari kebesaran Tuhan yang menciptakan dan mengatur alam jagad raya  melalui pengamatan fenomena alam fifis dan pengukurannya
Hukum Newton tentang Gravitasi
·         gaya gravitasi antar partikel
·         kuat medan gravitasi dan percepatan gravitasi
·         hukum Kepler
Mengamati
·         Melakukan studi pustaka untuk mencari informasi  tentang keseimbangan yang terjadi pada sistem tatasurya dan gerak planet melalui berbagai sumber.
Mempertanyakan
·         Mempertanyakan pemikiran dirinya terhadap  keteraturan gerak planet dalam tatasurya berdasarkan hukum-hukum Newton
Mengeksplorasi
·    Mendiksusikan konsep gaya gravitasi dan kuat medan gravitasi
·    Mendiskusikan hukum Kepler berdasarkan hukum Newton tentang gravitasi
·    Membuat perbandingan pemahaman tentang gerak Bumi dan Matahari dalam tatasurya
·    Mengeksplorasi  data dan informasi tentang satelit geostasioner (kegunaan, kemanpuan, kedudukan, dan kecepatan geraknya) melalui berbagai sumber secara berkelompok
Asosiasi
·         Membuat ulasan tentang hubungan antara kedudukan, kemampuan, dan kecepatan gerak satelit berdasarkan data dan informasi hasil eksplorasi dengan menerapkan hukum Kepler
Mengomunikasikan
·         Presentasi kelompok tentang data kegunaan, kemampuan, ketinggian, dan kecepatan satelit geostasioner
Tugas
Menyelesaikan masalah tentang konsep gerak, gaya dan keseimbangan yang terjadi pada sistem tatasurya dan gerak planet
Observasi
Checklist lembar pengamatan kegiatan diskusi kelompok
Portopolio
Bahan presentasi
Tes
Tertulis tentang gaya gravitasi, kuat medan gravitasi, dan percepatan gravitasi


8 JP
(2 x 4 JP)




















Sumber
·      FISIKA SMA Jilid2, Pusat Perbukuan
·      e-dukasi.net














2.1   Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis;  kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan , melaporkan, dan berdiskusi
3.2  Mengevaluasi pemikiran dirinya terhadap  keteraturan gerak planet dalam tatasurya berdasarkan hukum-hukum Newton
4.2  Menyajikan data dan informasi tentang satelit buatan yang mengorbit bumi dan permasalahan yang ditimbulkannya
1.1    Menyadari kebesaran Tuhan yang menciptakan dan mengatur alam jagad raya  melalui pengamatan fenomena alam fisis dan pengukurannya
Usaha dan energi
·      Energi kinetik dan energi potensial (gravitasi dan pegas)
·      Konsep usaha
·      Hubungan usaha dan energi kinetik
·      Hubungan usaha dengan energi potensial
·      Hukum kekekalan energi mekanik















 Mengamati
·         Mengamati peragaan atau simulasi usaha positif, usaha negatif dan usaha nol
Mempertanyakan
·    Mempertanyakan tentang hubungan antara usaha dan energi dalam menyelesaikan berbagai peristiwa sehari-hari
Eksperimen/Ekplorasi
·    Mendiskusikan tentang energi kinetik dan energi potensial (energi potensial gravitasi dan pegas)
·     Mendiskusikan  hubungan usaha dengan perubahan energi kinetik dan energi potensial
·    Mendiskusikan bentuk hukum kekekalan energi mekanik
·    Eksplorasi penerapan hukum kekekalan energi mekanik pada gerak parabola, gerak pada bidang lingkaran, dan gerak satelit/planet dalam taa surya
Mengasosiasi
·         Mengelompokan bentuk hukum kekekalan energi mekanik pada berbagai gerak (gerak parabola, gerak pada bidang lingkaran, dan gerak satelit/planet dalam tata surya
Mengomunikasikan
·         Presentasi hasil diskusi kelompok
Tugas
Menyelesaikan masalah tentang usaha, energi kineti, energi potensial dan hukum kekekalan energi mekanik
Observasi
Checklist lembar pengamatan kegiatan diskusi kelompok
Portopolio
Resume hasil diskusi
Tes
Tertulis tentang hubungan usaha dengan perubahan energi  dan hukum kekekalan energi mekanik



16 JP
(4 x 4 JP)



















Sumber
·      FISIKA SMA Jilid2, Pusat Perbukuan
·      Panduan Praktikum Fisika SMA, Erlangga
·      e-dukasi.net














2.1   Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis;  kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan , melaporkan, dan berdiskusi
3.3  Menganalisis konsep energi, usaha, hubungan usaha dan perubahan energi, dan hukum kekekalan energi untuk menyelesaikan permasalahan gerak dalam kejadian sehari-hari
4.3   Memecahkan masalah dengan menggunakan metode ilmiah terkait dengan konsep gaya, dan kekekalan energi
1.1    Menyadari kebesaran Tuhan yang menciptakan dan mengatur alam jagad raya  melalui pengamatan fenomena alam fisis  dan pengukurannya

2.1   Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis;  kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan , melaporkan, dan berdiskusi
Getaran Harmonis
·         Karakteristik getaran harmonis (simpangan, kecepatan, percepatan, dan gaya pemulih) pada ayunan bandul dan getaran pegas
·         Persamaan simpangan, kecepatan, dan percepatan

Mengamati
Peragaan atau simulasi getaran harmonik sederhana pada ayunan bandul atau getaran pegas,
Mempertanyakan
Mempertanyakan getaran harmonis pada ayunan bandul dan getaran pegas
Eksperimen/eksplorasi
·    Eksplorasi  tentang karakteristik gejala getaran (kecepatan, simpangan, dan frekuensi)
·    Eksplorasi tentang persamaan simpangan, kecepatan, dan percepatan getaran
·    Mendiskusikan tentang gaya pemulih pada ayunan bandul dan getaran pegas
·    Melakukan percobaan getaran harmonis pada ayunan bandul dan getaran pegas
Mengasosiasi
·         Mengolah data percobaan ke dalam grafik, menentukan persamaan grafik, dan menginterpretasi data dan grafik untuk menenukan karakteristik getaran harmonik pada ayunan bandul dan getaran pegas
Mengomunikasikan
·         Membuat  laporan hasil eksperimen dan diskusi
Tugas
Menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan karakteristik getaran
Observasi
Checklist lembar pengamatan kegiatan diskusi kelompok
Portopolio
Laporan praktikum
Tes
Tertulis tentang persamaan simpangan, kecepatan dan percepatan getaran harmonis

12 JP
(3 x 4 JP)








Sumber
·      FISIKA SMA Jilid2, Pusat Perbukuan
·      Panduan Praktikum Fisika SMA, Erlangga
·      e-dukasi.net
Alat
·      statif
·      stopwatch
·      beban gantung
·      pegas atau karet
·      mistar



3.4  Menganalisis hubungan antara gaya dan gerak getaran
4.4   Merencanakan dan melaksanakan percobaan getaran harmonis pada ayunan bandul dan getaran pegas

1.1    Menyadari kebesaran Tuhan yang menciptakan dan mengatur alam jagad raya  melalui pengamatan fenomena alam fisis dan pengukurannya

2.1   Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis;  kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan , melaporkan, dan berdiskusi
3.5   Mendeskripsikan momentum dan impuls, hukum kekekalan momentum, serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
4.5  Memodifikasi roket sederhana dengan menerapkan hukum kekekalan momentum
Momentum, impuls,
dan tumbukan

Mengamati
·         Mencari informasi tentang momentum, impuls, hubungan antara impuls dan momentum serta tumbukan dari berbagai sumber belajar.
·         Menyimak ilustrasi tentang tumbukan benda yang dihubungkan dengan konsep-konsep momentum, impuls dan hukum kekekalan momentum dalam kehidupan sehari-hari
Menanyakan
Menanyakan  konsep momentum, impuls, hubungan antara impuls dan momentum serta hukum kekekalan momentum Mengasosiasi
 Menganalisis berbagai masalah tumbukan dengan menggunakan hukum kekekalan momentum
Ekperimen/eksplorasi
·      Mendiskusikan konsep momentum, impuls, hubungan antara impuls dan momentum serta hukum kekekalan momentum dalam berbagai penyelesaian masalah
·      Merancang dan membuat roket sederhana dengan menerapkan hukum kekekalan momentum secara berkelompok
Mengomunikasikan
Presentasi laporan membuat roket sederhana.
Tugas
Menyelesaikan masalah tentang momentum, impuls dan hubungan antara impuls dan momentum serta tentang hukum kekekalan momentum
Tes
Tertulis tentang impuls, momentum dan hukum kekekalan momentum dalam berbagai pemecahan masalah

Observasi
Checklist lembar pengamatan kegiatan diskusi kelompok
Portopolio
Hasil karya dan
Laporan
eksperimen membuat roket sederhana

16 JP
(4 x 4 JP)



















Sumber
·      FISIKA SMA Jilid2, Pusat Perbukuan
·      Panduan Praktikum Fisika SMA, Erlangga
·      e-dukasi.net
Alat
·      botol plastik
·      pompa dan pentil sepeda
·      pipa dan lem PVC






1.1   Menyadari kebesaran Tuhan yang menciptakan dan mengatur alam jagad raya  melalui pengamatan fenomena alam fisis dan pengukurannya

2.1   Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis;  kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan , melaporkan, dan berdiskusi

3.6  Menerapkan konsep torsi, momen inersia, titik berat, dan momentum sudut pada benda tegar (statis dan dinamis) dalam kehidupan sehari-hari
4.6  Merencanakan dan melaksanakan percobaan titik berat dan keseimbangan benda tegar
Keseimbangan dan dinamika Rotasi
·      Torsi
·      Momen inersia
·      Keseimbangan benda tegar
·      Titik berat
·      Hukum kekekalan momentum sudut pada gerak rotasi



Mengamati
·         Mengamati demonstrasi dengan mendorong benda dengan posisi gaya yang berbeda beda untuk mendefinisikan momen gaya.
Mempertanyakan
·         Mempertanyakan konsep torsi, momen inersia, titik berat, dan momentum sudut pada benda tegar (statis dan dinamis) dalam kehidupan sehari-hari

Eksperimen/ Eksplorasi
·  Mendiskusikan rumusan dan penerapan keseimbangan benda titik dan benda tegar dengan menggunakan resultan gaya dan momen gaya
·  Mendiskusikan rumusan dan penerapan konsep momen inersia dan dinamika rotasi dalam diskusi pemecahan masalah
·  Mendiskusikan rumusan dan penerapan hukum kekekalan momentum pada gerak rotasi
·  Melakukan percobaan titik berat benda homogen dan keseimbangan benda tegar secara berkelompok
Mengasosiasi
Mengolah data percobaan ke dalam grafik, menentukan persamaan grafik, dan menginterpretasi data dan grafik untuk menenukan karakteristik keseimbangan benda tegar
Mengomunikasikan
Mempresentasikan hasil eksperimen
Tugas
Menyelesaikan masalah tentang momen gaya, momen inersia , keseimbangan benda tegar dan titik berat benda
Observasi
Checklist lembar pengamatan kegiatan diskusi kelompok
Portopolio
Laporan praktikum
Tes
Tertulis uraian dan atau pilihan ganda tentang resultan torsi, momen inersia, titik berat, dan hukum kekekalan momentum sudut

16 JP
(4 x 4 JP










Sumber
·      FISIKA SMA Jilid2, Pusat Perbukuan
·      Panduan Praktikum Fisika SMA, Erlangga
·      e-dukasi.net
Alat
·      statif dan klem
·      beban gantung
·      kertas karton
·      busur derajat
·      mistar
·      penggaris berlubang
·      neraca pegas
·      neraca lengan

1.1   Menyadari kebesaran Tuhan yang menciptakan dan mengatur alam jagad raya  melalui pengamatan fenomena alam fisis dan pengukurannya

2.1   Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis;  kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan , melaporkan, dan berdiskusi


3.7  Menerapkan prinsip fluida dinamik dalam teknologi
4.7   Memodifikasi ide/gagasan proyek sederhana yang menerapkan prinsip dinamika fluida

Fluida Dinamik
·         Fluida ideal
·         Azas kontinuitas
·         Azas Bernouli
·         Penerapan Azas Kontinuitas dan Bernouli dalam Kehidupan





Mengamati
·         Menyimak  informasi dari berbagai sumber tentang azas kontinuitas dan azas Bernouli serta aplikasi dalam kehidupan melalui berbagai sumber.
Mempertanyakan
·         Mempertanyakan penerapan prinsip fluida dinamik dalam teknologi dan kehidupan sehari-hari
Mengeksplorasi/Eksperimen
·      Mendiskusikan kaitan antara kecepatan aliran dengan luas penampang menurut azas Kontinuitas, serta hubungan antara kecepatan aliran dengan tekanan fluida menurut Azas Bernoulli
·      Merancang dan membuat tiruan aplikasi Azas Bernoulli (alat venturi, kebocoran air, atau sayap pesawat) secara brkelompok
·      Eksplorasi pemecahan masalah terkait penerapan azas kontinuitas dan azas Bernouli
Mengomunikasikan
·         Membuat laporan dan mempresentasikan hasil produk tiruan aplikasi Azas Bernoulli (alat venturi, kebocoran air, atau sayap pesawat)
Tugas
Menyelesaikan masalah fluida dengan menerapkan azas kontinuitas dan azas Bernouli
Observasi
Ceklist lembar pengamatan kegiatan presentasi kelompok
Portofolio
Bahan presentasi kelompok
Tes
Tes tertulis bentuk uraian dan/atau pilihan ganda asas kontinuitas dan asas Bernoulli
12 JP
(3 x 4 JP)














·  Tri Widodo, FISIKA SMA, Pusat Perbukuan Depdiknas
·  Nursyamsudin, Panduan Praktikum Terpilih, Erlangga













1.1   Menyadari kebesaran Tuhan yang menciptakan dan mengatur alam jagad raya  melalui pengamatan fenomena alam fisis dan pengukurannya

2.1   Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis;  kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan , melaporkan, dan berdiskusi

3.8  Memahami teori kinetik gas dalam menjelaskan karakteristik gas pada ruang tertutup
Persamaan keadaan gas
·      Hukum  Boyle-Gay Lussac
·      Persamaan keadaan gas

















2.  Teori kinetik gas
·   Tinjauan impuls-tumbukan  untuk teori kinetik gas
·   Teori ekipartisi energi dan energi dalam










Mengamati
·       Menyimak informasi dari berbagai sumber tentang karakteristik gas dan gas ideal melalui berbagai sumber 
·       Menyimak informasi daei berbagai sumber tentang hukum Boyle-gay Lusac tentang gas dan persamaan keadaan gas melalui berbagai sumber
Mempertantakan
·         Mempertanyakan konsep teori kinetik gas dalam menjelaskan karakteristik gas pada ruang tertutup

Mengeksplorasi/Eksperimen
·  Mendiskusikan hubungan antar  suhu, volume , dan tekanan gas dalam ruang tertutup.
·  Mendiskusikan hubungan antara impuls dengan gaya dan tekanan
·  Mendiskusikan gerakan partikel gas menumbuk dinding menyebabkan tekanan gas
·  Mendiskusikan kelompok hubungan antara suhu dengan energi kinetik dan tekanan gas
·  Mendiskusikan  bentuk persamaan keadaan gas kaitannya dengan rumusan Boyle-Gay Lusac
·  Mendiskusikan hubungan antar  suhu, volume , dan tekanan gas dalam ruang tertutup.
·  Mendiskusikan  bentuk persamaan keadaan gas kaitannya dengan rumusan Boyle-Gay Lusac
·  Eksplorasi penerapan  persmaan keadaan gas dan hukum Boyle dalam pemecahan masalah gas dalam ruang tertutup

Mengasosiasi
Membuat ilustrasi hubungan tekanan, suhu dan volume, serta ilustrasi penjelasan teori ekipartisi energi pada suhu rendah,sedang, dan tinggi
Mengomunikasikan
Presentasi kelompok hasil ekplorasi menerapkan persmaan keadaan gas dan hukum Boyle dalam pemecahan masalah gas dalam ruang tertutup

Tugas
Menerapkan teori kinetik gas dalam pemecahan masalah
Observasi
Ceklis pengamatan pada saat diskusi kelas dan presentasi
Portfolio
Bahan presentasi kelompok

Tes
Tes tertu;is uraian dan/atau pilihan ganda tentang persamaan keadaan dan teori kinetik gas
16 JP
(4 x 4 JP)



















·  Tri Widodo, FISIKA SMA, Pusat Perbukuan Depdiknas
·  Nursyamsudin, Panduan Praktikum Terpilih, Erlangga








1.1   Menyadari kebesaran Tuhan yang menciptakan dan mengatur alam jagad raya  melalui pengamatan fenomena alam fisis dan pengukurannya

2.1   Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis;  kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan , melaporkan, dan berdiskusi

3.9   Menganalisis gejala pemanasan global, efek rumah kaca, dan perubahan iklim serta dampaknya bagi kehidupan dan lingkungan
4.8   Menyajikan ide/gagasan pemecahan masalah gejala pemanasan global dan dampaknya bagi kehidupan dan lingkungan
Gejala pemanasan global
·   Efek rumah kaca
·   Emisi karbon dan perubahan iklim
Dampak pemanasan global, antara lain
·   Mencairnya es
·   perubahan iklim
Alternatif solusi energi
·   efisiensi penggunaan energi
·   pencarian sumber-sumber energi alternatif seperti energi nuklir
·   dll
Hasil kesepakatan dunia internasional
·   Intergovernmental Panel on Climate Change (IPCC)
·   Kyoto Protocol
·   Asia-Pacific Partnership on Clean Development and Climate (APPCDC)
·   dll
Mangamati
·         Mengamati dampak pemanasan global yang didukung oleh informasi  dari berbagai sumber
·         Mengamati aktifitas manusia yang mengakibatkan berbagai dampak yaitu pada pemanasan global, efek rumah kaca, dan perubahan iklim
Mempertanyakan
·         Menanyakan apa penyebab dan dampak pemanasan global, efek rumah kaca, dan perubahan iklim bagi kehidupan
·         Menanyakan bentuk solusi dan usaha apa yang harus dilakukan untuk mencegah dampak lebih buruk dari pemanasan global
Mengeksplorasi
·         Mengeksplorasi fenomena pemanasan global, efek rumah kaca, dan perubahan iklim serta dampak yang diakibatkan bagi manusia
·         Mendiskusikan  hasil-hasil kesepakatan global IPCC, Protokol Kyoto, APPCDC, dan lain-lain melalui berbagai sumber secara berkelompok
·         Mendiskusikan pemecahan masalah untuk mengurangi dampak efek rumah kaca, emisi karbon, dan lain-lain

Mengasosiasi
·         Merencanakan berbagai  usulan pemecahan masalah pemanasan global berdasarkan klasifikasi dan penyebabnya secara berkelompok
Mengomunikasikan
Membuat laporan dan presentasi hasil kerja kelompok

Tugas
Membuat tulisan tentang penyebab dan dampak pemanasan global, efek rumah kaca, dan perubahan iklim  bagi kehidupan

Tes tertulis
Tentang pemanasan global, efek rumah kaca, dan perubahan iklim









4 JP
(1 x 4 JP)

















Sumber
·   Fisika SMA Jilid 2, Puskurbuk
·   Sumber  dari internet















1.1   Menyadari kebesaran Tuhan yang menciptakan dan mengatur alam jagad raya  melalui pengamatan fenomena alam fisis dan pengukurannya

2.1   Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis;  kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan , melaporkan, dan berdiskusi

3.10 Menyelidiki karakteristik gelombang mekanik melalui percobaan
4.9    Menyelidiki karakteristik gelombang mekanik melalui percobaan

Karakteristik gelombang
·     Pemantulan
·     Pembiasan
·     Difraksi
·     Interferensi





















Mengamati
·    Mencari informasi dari berbagai sumber karateristik gelombang (pemantulan, pembiasaan, difraksi, interferensi, dan polarisasi) melalui berbagai sumber
·    Mengamati peragaan gejala gelombang (pemantulan, pembiasan, difraksi dan interferensi) dengan menggunakan tanki riak
Mepertanyakan
·         Mempertanyakan karakteristik gelombang mekanik
Mengeksplorasi/Eksperimen
·    Diskusi kelompok gelombang transversal-longitudinal dan contohnya
·    Mendiskusikan hukum pemantulan, pembiasan, difraksi, dan interferensi
·    Mengeksplorasi penerapan gejala pemantulan,pembiasan, difraksi dan interferensi dalam kehidupan sehar-hari dan teknologi
·    Melakukan eksperimen pemantulan, pembiasan, difraksi, dan interferensi gelombang
Mengomunikasikan
 Membuat laporan dan presentasi kelompok hasil eksperimen
Tugas
Membuat paper karakteristik gelombang (pemantulan, pembiasaan, difraksi, interferensi, dan polarisasi)

Observasi
Ceklist lembar pengamatan kegiatan presentasi kelompok
Portofolio
Laporan trtulis karakteristik gelombang
Tes
Tes tertulis tentang sifat pemantulan, pembiasan, interferensi dan difraksi gelombang
8 JP
(2 x 4 JP)





















·  Tri Widodo, FISIKA SMA, Pusat Perbukuan Depdiknas
·  Nursyamsudin, Panduan Praktikum Terpilih, Erlangga



















1.1  Menyadari kebesaran Tuhan yang menciptakan dan mengatur alam jagad raya  melalui pengamatan fenomena alam fisis dan pengukurannya

2.1   Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis;  kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan , melaporkan, dan berdiskusi

3.11 Menganalisis besaran-besaran fisis gelombang tegak dan gelombang berjalan pada berbagai kasus nyata
4.10Menyelidiki karakteristik gelombang mekanik melalui percobaan
Persamaan gelombang berjalan dan gelombang tegak


















Mengamati
·    Mengamati  demonstrasi gelombang berjalan menggunakan slinki
·    Mendemonstrasikan gelombang tegak pada percobaan Melde
Menanyakan
·       Menanyakan besaran-besaran fisis gelombang tegak dan gelombang berjalan
·       Menanyakan karakteristik gelombang mekanik
Mengeksplorasi/Eksperimen
·    Mendiskusikan pengukuran panjang gelombang pada gelombang berjalan dan gelombang tegak
·    Mendiskusikan  persamaan gelombang berjalan dan gelombang tegak
·    Melakukan eksperimen  percobaan Melde untuk menemukan hubungan cepat rambat gelombang dan tegangan tali secara berkelompok
Mengasosiasi
Mengolah data hasil praktikum percobaan Melde untuk menemukan hubungan cepat rambat gelombang dan tegangan tali
Mengomunikasikan
Membuat laporan tertulis hasil praktikum
Tugas
Menerapkan persamaan gelombang berjalan dan gelombang tegak dalam pemecahan masalah
Observasi
Ceklis pengamatan pada saat eksperimen berkelompok
Portfolio
Laporan tertulis hasil praktik
Tes
Tes tertulis dalam pemecahan masalah sehubungan dengan gelombang tegak dan gelombang berjalan;



8 JP
(2 x 4 JP)





















·  Tri Widodo, FISIKA SMA, Pusat Perbukuan Depdiknas
·  Nursyamsudin, Panduan Praktikum Terpilih, Erlangga
Alat
·  Vibrator
·  Katrol
·  Beban gantung














Tidak ada komentar:

Posting Komentar