Selasa, 04 November 2014

RPP Karakteristik Gelombang kurikulum 2013



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                  :           ……………….
Mata pelajaran       :           Fisika
Kelas/semester       :           XI IPA/2
Materi Pelajaran     :           Karakteristik gelombang
Alokasi waktu        :           45 menit
A.     Kompetensi Inti
1.             Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.             Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsive dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.             Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.             Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
B.   Kompetensi Dasar dan Indikator Pembelajaran
1.1         Menyadari kebesaran Tuhan yang menciptakan dan mengatur alam jagad raya  melalui pengamatan fenomena alam fisis dan pengukurannya.
2.1     Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis;  kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan, melaporkan, dan berdiskusi.
3.10   Menganalisis gejala dan ciri-ciri gelombang secara umum.
Indikator: 3.10.1 Menjelaskan gejala gelombang secara umum.
          3.10.2 Menjelaskan karakteristik pemantulan dan interferensi gelombang.
4.9     Menyelidiki karakteristik gelombang mekanik melalui percobaan.
Indikator: 4.9.1 menyelidiki karakteristik pemantulan dan interferensi gelombang melalui demonstrasi.
C.     Tujuan Pembelajaran
1.      Peserta didik dapat menjelaskan gejala gelombang secara umum.
2.      Peserta didik dapat menjelaskan karakteristik pemantulan dan interferensi gelombang.
3.      Peserta didik dapat menyelidiki karakteristik pemantulan  dan interferensi gelombang melalui demonstrasi.
D.  Materi Pelajaran
GELOMBANG DAN KARAKTERISTIKNYA
1.      Pengertian Gelombang
Gelombang adalah proses merambatnya suatu getaran tanpa disertai perpindahan medium hanya dipengaruhi oleh perpindahan energinya. Contohnya gelombang pada tali, pada air yang dijatuhkan batu, gelombang di laut.
2.      Gejala dan Karakteristik Gelombang
gejala terbentuknya gelombang yaitu pemantulan, pembiasan, difraksi, interferensi, dan pengkutuban.
a.       Pemantulan gelombang
Pernahkah berteriak di suat lembah atau goa? Apa yang terjadi? Ternyata ada teriakan yang terdengar setelah suara teriakan yang kalian lakukan. Demikian pula ketika gelombang laut membentur batu karang, gelombang tersebut akan berbalik ke arah datangnya. Fenomena ini menunjukkan bahwa gelombang mengalami pemantulan (Refleksi).
  
       
            Ketika ujung bebasnya digetarkan satu kali, pulsa gelombang akan merambat di sepanjang tali. Ketika pulsa tersebut tiba diujung tali lainnya, pulsa tersebut akan memberikan gaya pada pengikatnya.
           




  


Pada peristiwa pemantulan, seperti yang ditunjukkan pada Gambar 2, berlaku suatu hukum yang berbunyi:
a. sinar datang, sinar pantul, dan garis normal terhadap bidang batas pemantul pada titik jatuh, semuanya berada dalam satu bidang,
b. sudut datang (θi) sama dengan sudut pantul (θr).
Hukum tersebut dinamakan “Hukum Pemantulan”.
b.      Interferensi Gelombang
            Intererensi adalah hasil kerja sama dua gelombang atau lebih yang bertemu pada satu titik di dalam ruang dan menimbulkan fenomena fisik yang dapat diamati.
            Jika dua buah gelombang bergabung dengan sedemikian rupa sehingga puncaknya tiba pada satu titik secara bersamaan, amplitudo gelombang hasil gabungannya lebih besar dari gelombang semula. Gabungan gelombang ini disebut saling menguatkan (Konstruktif). Titik yang mengalami interferensi seperti ini disebut perut gelombang. Akan tetapi, jika puncak gelombang yang satu tiba pada suatu titik bersamaan dengan dasar gelombang lain, amplitudonya gabungan minimum (sama dengan nol). Interferensi seperti ini disebut interferensi saling melemahkan (destruktif). Titik yang mengalami interferensi seperti ini disebut simpul.


E.      Metode Pelajaran
Model                     : Cooperative Learning Tipe Jigsaw dengan pendekatan saintifik
Metode                    : Ceramah, demonstrasi, diskusi kelompok
F.   Media Pembelajaran
1.      PPT tentang gelombang
2.      Alat peraga: kelereng, senter, kertas, cermin, air
G.  Sumber Belajar
Kanginan, Marthen.2010.  Physics for Senior High School. Jakarta : Erlangga
Syafaat, Firda Yanuar.2014. Bahan Ajar siswa. Yogyakarta
H.  Kegiatan Pembelajaran
No
Kegiatan Guru
Kegiatan Peserta Didik
Alokasi Waktu
1.
Pendahuluan
·         Guru mengucapkan salam.


·         Guru bersama peserta didik berdoa sebelum pelajaran dimulai.

·         Guru menyampaikan apersepsi mengenai aplikasi/contoh dari gelombang yang ada dalam kehidupan sehari-hari.

·         Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.

·      Peserta didik menjawab salam.

·      Peserta didik bersama guru berdoa sebelum pelajaran dimulai.

·      Peserta didik menyimak penjelasan guru.



·      Peserta didik menyimak penjelasan guru.
5 menit
2.
Kegiatan Inti
·      Mengamati
ü  Guru bersama peserta didik melakukan demonstrasi mengenai gelombang.

ü  Guru menilai keterampilan peserta didik mengamati.


·         Menanya
ü  Guru menanyakan mengapa hasil pengamatan tersebut bisa terjadi?


·         Mengumpulkan data
ü  Guru membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok kecil sebanyak 2 orang untuk setiap kelompok, yang disebut kelompok asal.

ü  Guru membentuk dua kelompok ahli dan meminta setiap anggota kelompok untuk bergabung dengan kelompok ahli.

ü  Guru meminta setiap kelompok ahli untuk mempelajari dan mendikusikan bahan ajar .


·         Mengasosiasi
ü  Guru meminta peserta didik untuk kembali ke kelompok asal masing-masing dan mendiskusikan hasil diskusi dari kelompok ahli.


·         Mengomunikasikan
ü  Guru meminta perwakilan antar kelompok untuk menyampaikan hasil diskusi.


ü  Guru membuat kuis perlombaan untuk setiap kelompok asal.

·      Mengamati
ü  Peserta didik bersama guru melakukan demonstrasi mengenai gelombang.
ü  Peserta didik mengamati kegiatan demonstrasi.

·      Menanya
ü  Peserta didik mencoba menjawab berdasarkan demonstrasi yang telah dilakukan.

·      Mengumpulkan data
ü  Peserta didik membentuk kelompok asal.



ü  peserta didik dalam kelompok bergabung dengan kelompok ahli.



ü  peserta didik dalam kelompok ahli mempelajari dan mendiskusikan bahan ajar.

·      Mengasosiasi
ü  peserta didik kembali ke kelompok asal masing-masing dan mendiskusikan hasil diskusi dari kelompok ahli.

·         Mengomunikasikan
ü  Peserta didik dari setiap kelompok menyampaikan hasil diskusi.

ü  Peserta didik dalam kelompok asal mengikuti kuis perlombaan.
35 menit
3.
Penutup
·         Guru bersama peserta didik memberikan kesimpulan dari pembelajaran.

·            Guru bersama peserta didik memberikan urgensi materi gelombang.

·         Guru memberikan tugas.


·         Guru menyampaikan materi yang akan dipelajari minggu depan.

·         Peserta didik bersama guru memberikan kesimpulan dari pembelajaran.

·         Peserta didik bersama guru memberikan urgensi materi gelombang.

·         peserta didik mencatat tugas rumah.

·         peserta didik menyimak penyampaian guru.
5 menit









I.     Penilaian
1.      Sikap social
a.       Teknik Penilaian               : Non-Tes
b.      Bentuk Instrumen                         :Lembar Observasi
c.       Kisi-kisi
No.
Indikator
Butir Instrumen
  1.  
Kejujuran
No 1
  1.  
Ketelitian
No 2
  1.  
Tanggungjawab
No 3

Instrumen: lihat Lampiran 1
2.    Pengetahuan
a.         Teknik Penilaian   : Tes Tertulis
b.         Bentuk Instrumen : Uraian
c.         Kisi-kisi :
No
Indikator
Butir Instrumen
1.
Menjelaskan tentang gelombang
Soal uraian no 1 dan no 2
2.
Menjelaskani karakteristik pemantulan dan interferensi gelombang.
Soal uraian 3 dan no 4
Instrumen : lihat Lampiran 2
                                                                                Yogyakarta, 3 Mei 2014
Mengetahui,                                                                 Guru Mata Pelajaran


Daimul Khasanah, M.Pd.Si                                                     Firda Yanuar S






 
NIP:                                                                             NIP







Lampiran 1:
LEMBAR PENILAIAN SOSIAL
Mata Pelajaran       :           Fisika
Materi pokok         :           Karakteristik Gelombang
Berilah tanda ( pada masing-masing aktivitas di bawah ini!
No
Nama Peserta didik
Skor
Total
Kejujuran
ketelitian
tanggungjawab
1.
Saiful anam




2.
Rendy




3.
Iin Marsita




4.
Nita Wibawa




5.
Khaiman Dwi Harjoko




6.
Nur Yulimah




7.
Uswatun Khasanah





Kriteria Penilaian :
Nilai =
Skor yang Diperoleh
X4

                            Skor Maksimal


















Rubrik Penilaian:
No
Sikap yang dinilai
Rubrik
1
Kejujuran
1.   Tidak  jujur dalam hal mengerjakan tugas kelompok dan mempresentasikan hasil diskusi
2.   Jujur dalam hal mengerjakan tugas kelompok.
3.   Jujur dalam hal mengerjakan tugas kelompok dan mempresentasikan hasil diskusi
2
Ketelitian
1.   Tidak teliti dalam hal mengerjakan tugas kelompok dan mempresentasikan hasil diskusi
2.   Teliti dalam hal mengerjakan tugas kelompok
3.   Teliti dalam hal mengerjakan tugas kelompok dan mempresentasikan hasil diskusi
3
Tanggungjawab
1.   Tidak bertanggungjawab dalam hal mengerjakan tugas kelompok dan mempresentasikan hasil diskusi
2.   Bertanggungjawab dalam hal mengerjakan tugas kelompok
3.   Bertanggungjawab dalam hal mengerjakan tugas kelompok dan mempresentasikan hasil diskusi.
Kriteria Penilaian:
3<skor4      : sangat baik
2<skor3      : baik
1<skor2      : cukup
Skor < 1        : kurang














Lampiran 2
Lembar Penilaian Pengetahuan
A.     Kisi-Kisi
No
Tujuan Pembelajaran
Soal
No soal
1.
Peserta didikdapat  menjelaskan gejala gelombang secara umum.
1.      Apa yang dimaksud dengan gelombang?

2.      gelombang dapat mengalami gejala-gejala tertentu, sebutkan gejala gelombang tersebut!
                
Soal uraian no 1


Soal uraian no 2


2.
Peserta didik dapat menjelaskan karakteristik pemantulan dan interferensi gelombang
3.       jelaskan tentang pemantulan dan interferensi gelombang?

4.       Sebutkan contoh pemantulan dan interferensi gelombang dalam kehidupan sehari-hari!
Soal uraian no 3


Soal uraian no 4

B.     Kunci Jawaban
No.

Kunci Jawaban
Skor
1.
Apa yang dimaksud dengan gelombang?

Gelombang adalah proses merambatnya suatu getaran tanpa disertai perpindahan medium hanya dipengaruhi oleh perpindahan energinya
5
2.
gelombang dapat mengalami gejala-gejala tertentu, sebutkan gejala gelombang tersebut!

Gejala gelombang:
1.      Pemantulan gelombang
2.      Pembiasan gelombang
3.      Interferensi gelombang
4.      Difraksi gelombang
5.      Pengkutuban gelombang
5
3.
jelaskan tentang pemantulan dan interferensi gelombang?
·         Pemantulan gelombang adalah pengembalian seluruh atau sebagian dari suatu berkas partikel atau gelombang bila berkas tersebut bertemu dengan bidang batas antara dua medium.
·         Interferensi gelombang adalah adalah hasil kerja sama dua gelombang atau lebih yang bertemu pada satu titik di dalam ruang dan menimbulkan fenomena fisik yang dapat diamati.
10
4.
Sebutkan contoh pemantulan dan interferensi gelombang dalam kehidupan sehari-hari!
·         Contoh pemantulan gelombang yaitu gema dan ombak laut yang membentur karang
·         Contoh interferensi gelombang yaitu riak air
5
Total
25
Nilai =
∑Skor yang Diperoleh
X 100


∑Skor Maksimum











Tidak ada komentar:

Posting Komentar