RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : ……………….
Mata pelajaran : Fisika
Kelas/semester : XI
IPA/2
Materi Pelajaran : Karakteristik
gelombang
Alokasi waktu : 45 menit
A. Kompetensi
Inti
1.
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsive dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan social dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.
Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural,
berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah.
4.
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak
secara efektif dan kreatif, serta
mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator Pembelajaran
1.1
Menyadari
kebesaran Tuhan yang menciptakan dan mengatur alam jagad raya melalui pengamatan
fenomena alam fisis dan pengukurannya.
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa
ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung
jawab; terbuka; kritis; kreatif;
inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud
implementasi sikap dalam melakukan percobaan, melaporkan, dan berdiskusi.
3.10 Menganalisis
gejala dan ciri-ciri gelombang secara umum.
Indikator: 3.10.1 Menjelaskan gejala gelombang secara
umum.
3.10.2 Menjelaskan
karakteristik pemantulan dan interferensi gelombang.
4.9 Menyelidiki karakteristik gelombang mekanik
melalui percobaan.
Indikator: 4.9.1 menyelidiki karakteristik pemantulan dan
interferensi gelombang melalui demonstrasi.
C.
Tujuan
Pembelajaran
1. Peserta
didik dapat menjelaskan gejala gelombang secara umum.
2. Peserta
didik dapat menjelaskan karakteristik pemantulan dan interferensi gelombang.
3. Peserta
didik dapat menyelidiki karakteristik pemantulan dan interferensi gelombang melalui
demonstrasi.
D. Materi Pelajaran
GELOMBANG DAN KARAKTERISTIKNYA
1. Pengertian
Gelombang
Gelombang adalah proses merambatnya suatu getaran tanpa
disertai perpindahan medium hanya dipengaruhi oleh perpindahan energinya.
Contohnya gelombang pada tali, pada air yang dijatuhkan batu, gelombang di
laut.
2. Gejala
dan Karakteristik Gelombang
gejala terbentuknya gelombang yaitu pemantulan,
pembiasan, difraksi, interferensi, dan pengkutuban.
a. Pemantulan
gelombang
Pernahkah
berteriak di suat lembah atau goa? Apa yang terjadi? Ternyata ada teriakan yang
terdengar setelah suara teriakan yang kalian lakukan. Demikian pula ketika
gelombang laut membentur batu karang, gelombang tersebut akan berbalik ke arah
datangnya. Fenomena ini menunjukkan bahwa gelombang mengalami pemantulan (Refleksi).
Ketika
ujung bebasnya digetarkan satu kali, pulsa gelombang akan merambat di sepanjang
tali. Ketika pulsa tersebut tiba diujung tali lainnya, pulsa tersebut akan memberikan
gaya pada pengikatnya.
Pada peristiwa pemantulan, seperti yang ditunjukkan pada Gambar 2, berlaku
suatu hukum yang berbunyi:
a. sinar datang, sinar pantul, dan garis normal terhadap bidang batas
pemantul pada titik jatuh, semuanya berada dalam satu bidang,
b. sudut datang (θi)
sama dengan sudut pantul (θr).
Hukum tersebut
dinamakan “Hukum Pemantulan”.
b. Interferensi
Gelombang
Intererensi adalah hasil kerja
sama dua gelombang atau lebih yang bertemu pada satu titik di dalam ruang dan
menimbulkan fenomena fisik yang
dapat diamati.
Jika dua
buah gelombang bergabung dengan sedemikian rupa sehingga puncaknya tiba pada
satu titik secara bersamaan, amplitudo gelombang hasil gabungannya lebih besar
dari gelombang semula. Gabungan gelombang ini disebut saling menguatkan
(Konstruktif). Titik yang mengalami interferensi seperti ini disebut perut
gelombang. Akan tetapi, jika puncak gelombang yang satu tiba pada suatu titik
bersamaan dengan dasar gelombang lain, amplitudonya gabungan minimum (sama
dengan nol). Interferensi seperti ini disebut interferensi saling melemahkan
(destruktif). Titik yang mengalami interferensi seperti ini disebut simpul.
E.
Metode Pelajaran
Model :
Cooperative Learning Tipe Jigsaw dengan pendekatan saintifik
Metode :
Ceramah, demonstrasi, diskusi kelompok
F.
Media
Pembelajaran
1. PPT
tentang gelombang
2. Alat
peraga: kelereng, senter, kertas, cermin, air
G. Sumber Belajar
Kanginan, Marthen.2010.
Physics for Senior High School.
Jakarta : Erlangga
Syafaat, Firda Yanuar.2014. Bahan Ajar siswa. Yogyakarta
H. Kegiatan Pembelajaran
No
|
Kegiatan Guru
|
Kegiatan Peserta
Didik
|
Alokasi
Waktu
|
1.
|
Pendahuluan
·
Guru mengucapkan salam.
·
Guru bersama peserta didik berdoa sebelum pelajaran
dimulai.
·
Guru menyampaikan apersepsi mengenai
aplikasi/contoh dari gelombang yang ada dalam kehidupan sehari-hari.
·
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
|
·
Peserta didik menjawab salam.
·
Peserta didik bersama guru berdoa sebelum
pelajaran dimulai.
· Peserta didik menyimak penjelasan guru.
· Peserta didik menyimak penjelasan guru.
|
5 menit
|
2.
|
Kegiatan Inti
·
Mengamati
ü Guru bersama peserta didik melakukan demonstrasi
mengenai gelombang.
ü Guru menilai keterampilan peserta didik mengamati.
·
Menanya
ü Guru menanyakan mengapa hasil pengamatan tersebut bisa
terjadi?
·
Mengumpulkan data
ü Guru membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok
kecil sebanyak 2 orang untuk setiap kelompok, yang disebut kelompok asal.
ü Guru membentuk dua kelompok ahli dan meminta setiap
anggota kelompok untuk bergabung dengan kelompok ahli.
ü Guru meminta setiap kelompok ahli untuk mempelajari dan
mendikusikan bahan ajar .
·
Mengasosiasi
ü Guru meminta peserta didik untuk kembali ke kelompok asal
masing-masing dan mendiskusikan hasil diskusi dari kelompok ahli.
·
Mengomunikasikan
ü Guru meminta perwakilan antar kelompok untuk
menyampaikan hasil diskusi.
ü Guru membuat kuis perlombaan untuk setiap kelompok asal.
|
·
Mengamati
ü Peserta didik bersama guru melakukan demonstrasi
mengenai gelombang.
ü Peserta didik mengamati kegiatan demonstrasi.
·
Menanya
ü Peserta didik mencoba menjawab berdasarkan demonstrasi
yang telah dilakukan.
· Mengumpulkan data
ü Peserta didik membentuk kelompok asal.
ü peserta didik dalam kelompok bergabung dengan kelompok
ahli.
ü peserta didik dalam kelompok ahli mempelajari dan
mendiskusikan bahan ajar.
· Mengasosiasi
ü peserta didik kembali ke kelompok asal masing-masing
dan mendiskusikan hasil diskusi dari kelompok ahli.
·
Mengomunikasikan
ü Peserta didik dari setiap kelompok menyampaikan hasil diskusi.
ü Peserta didik dalam kelompok asal mengikuti kuis
perlombaan.
|
35 menit
|
3.
|
Penutup
·
Guru bersama peserta didik memberikan kesimpulan dari
pembelajaran.
·
Guru bersama peserta didik memberikan
urgensi materi gelombang.
·
Guru memberikan tugas.
·
Guru menyampaikan materi yang akan
dipelajari minggu depan.
|
·
Peserta didik bersama guru memberikan kesimpulan dari
pembelajaran.
·
Peserta didik bersama guru memberikan urgensi materi gelombang.
·
peserta didik mencatat tugas rumah.
·
peserta didik menyimak penyampaian guru.
|
5 menit
|
I.
Penilaian
1. Sikap social
a. Teknik Penilaian : Non-Tes
b. Bentuk Instrumen :Lembar Observasi
c.
Kisi-kisi
No.
|
Indikator
|
Butir Instrumen
|
|
Kejujuran
|
No 1
|
|
Ketelitian
|
No 2
|
|
Tanggungjawab
|
No 3
|
Instrumen:
lihat Lampiran 1
2.
Pengetahuan
a.
Teknik
Penilaian : Tes Tertulis
b.
Bentuk
Instrumen : Uraian
c.
Kisi-kisi
:
No
|
Indikator
|
Butir Instrumen
|
1.
|
Menjelaskan tentang gelombang
|
Soal uraian no 1 dan no 2
|
2.
|
Menjelaskani
karakteristik pemantulan dan interferensi gelombang.
|
Soal uraian 3 dan no 4
|
Instrumen
: lihat Lampiran 2
Yogyakarta,
3 Mei 2014
Mengetahui, Guru
Mata Pelajaran
Daimul Khasanah, M.Pd.Si Firda Yanuar S
NIP: NIP
Lampiran 1:
LEMBAR PENILAIAN SOSIAL
Mata
Pelajaran : Fisika
Materi
pokok : Karakteristik Gelombang
Berilah
tanda ( pada
masing-masing aktivitas di bawah ini!
No
|
Nama Peserta didik
|
Skor
|
Total
|
||
Kejujuran
|
ketelitian
|
tanggungjawab
|
|||
1.
|
Saiful anam
|
|
|
|
|
2.
|
Rendy
|
|
|
|
|
3.
|
Iin Marsita
|
|
|
|
|
4.
|
Nita Wibawa
|
|
|
|
|
5.
|
Khaiman Dwi Harjoko
|
|
|
|
|
6.
|
Nur Yulimah
|
|
|
|
|
7.
|
Uswatun Khasanah
|
|
|
|
|
Kriteria Penilaian :
Nilai =
|
∑ Skor yang Diperoleh
|
X4
|
|
∑ Skor Maksimal
Rubrik
Penilaian:
No
|
Sikap yang dinilai
|
Rubrik
|
1
|
Kejujuran
|
1. Tidak jujur dalam hal mengerjakan tugas kelompok
dan mempresentasikan hasil diskusi
2. Jujur dalam hal mengerjakan tugas
kelompok.
3. Jujur dalam hal mengerjakan tugas
kelompok dan mempresentasikan hasil diskusi
|
2
|
Ketelitian
|
1. Tidak teliti dalam hal mengerjakan
tugas kelompok dan mempresentasikan hasil diskusi
2. Teliti dalam hal mengerjakan tugas
kelompok
3. Teliti dalam hal mengerjakan tugas
kelompok dan mempresentasikan hasil diskusi
|
3
|
Tanggungjawab
|
1. Tidak bertanggungjawab dalam hal
mengerjakan tugas kelompok dan mempresentasikan hasil diskusi
2. Bertanggungjawab dalam hal
mengerjakan tugas kelompok
3. Bertanggungjawab dalam hal
mengerjakan tugas kelompok dan mempresentasikan hasil diskusi.
|
Kriteria
Penilaian:
3<skor4 : sangat baik
2<skor3 : baik
1<skor2 : cukup
Skor
< 1 : kurang
Lampiran
2
Lembar Penilaian Pengetahuan
A. Kisi-Kisi
No
|
Tujuan Pembelajaran
|
Soal
|
No soal
|
1.
|
Peserta
didikdapat menjelaskan gejala
gelombang secara umum.
|
1.
Apa yang dimaksud dengan gelombang?
2.
gelombang dapat mengalami gejala-gejala tertentu,
sebutkan gejala gelombang tersebut!
|
Soal
uraian no 1
Soal
uraian no 2
|
2.
|
Peserta
didik dapat menjelaskan karakteristik pemantulan dan interferensi gelombang
|
3.
jelaskan tentang pemantulan dan interferensi gelombang?
4.
Sebutkan contoh pemantulan dan interferensi gelombang
dalam kehidupan sehari-hari!
|
Soal
uraian no 3
Soal
uraian no 4
|
B. Kunci
Jawaban
No.
|
|
Kunci Jawaban
|
Skor
|
||||
1.
|
Apa yang dimaksud dengan gelombang?
|
Gelombang
adalah proses merambatnya suatu getaran tanpa disertai perpindahan medium
hanya dipengaruhi oleh perpindahan energinya
|
5
|
||||
2.
|
gelombang dapat mengalami gejala-gejala tertentu,
sebutkan gejala gelombang tersebut!
|
Gejala
gelombang:
1.
Pemantulan gelombang
2.
Pembiasan gelombang
3.
Interferensi gelombang
4.
Difraksi gelombang
5.
Pengkutuban gelombang
|
5
|
||||
3.
|
jelaskan tentang pemantulan dan interferensi gelombang?
|
·
Pemantulan gelombang adalah pengembalian seluruh atau
sebagian dari suatu berkas partikel atau gelombang bila berkas tersebut
bertemu dengan bidang batas antara dua medium.
·
Interferensi gelombang adalah adalah hasil kerja sama dua
gelombang atau lebih yang bertemu pada satu titik di dalam ruang dan
menimbulkan fenomena fisik yang
dapat diamati.
|
10
|
||||
4.
|
Sebutkan contoh pemantulan dan interferensi gelombang
dalam kehidupan sehari-hari!
|
·
Contoh pemantulan gelombang yaitu gema dan ombak laut
yang membentur karang
·
Contoh interferensi gelombang yaitu riak air
|
5
|
||||
Total
|
25
|
||||||
Nilai =
|
∑Skor yang Diperoleh
|
X 100
|
|
||||
∑Skor Maksimum
|
|||||||
Tidak ada komentar:
Posting Komentar